Rudiawan, Rofi (2022) PRAKTIK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMA NEGERI TULAKAN PACITAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf Download (233kB) |
|
Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN ROFI.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I ROFI.pdf Download (533kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II ROFI.pdf Restricted to Registered users only Download (843kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III ROFI.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV ROFI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (620kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI ROFI RUDIAWAN 18312110 FIKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Rofi Rudiawan. Praktik Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri Tulakan. Skripsi Program Studi Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing 1) Hadi Cahyono, M.Pd, Pembimbing 2) Ambiro Puji Asmaroini, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui praktik Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri Tulakan. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat praktik Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri Tulakan. 3) Untuk mengetahui upaya dalam mengatasi hambatan praktik Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri Tulakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus di SMA Negeri Tulakan dengan jumlah peserta didiknya mencapai 328 peserta didik dengan rincian 131 peserta didik laki-laki dan 197 peserta didik perempuan. Adapun penelitian ini, dalam pengumpulan data dengan menggunakan prosedur wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) Praktik Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri Tulakan diwujudkan melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan budaya sekolah. 2) faktor pendukung : guru yang sudah sertifikasi, kerja sama wali murid, kurikulum yang sudah baik, pengawasan kepala sekolah, sarana, dan prasarana yang lengkap, sifat asli dan kepribadian peserta didik. Sedangkan faktor penghambat : ada guru dan staf belum sertifikasi, jarak rumah peserta didik yang jauh, koleksi buku kurang, keterbatasan guru dalam mendesain modul pembelajaran yang baik, dan bawaan karakter negative peserta didik. 3) Upaya dalam mengatasi hambatan dalam praktik Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri Tulakan yaitu mengikuti workshop atau pelatihan, membuat pondok di sekolah, bekerja sama dengan tiga serangkai dalam akses informasi, dan jurnal, mengikutsertakan guru mapel penggerak, serta pendampingan pemanfaatan IT, melakukan pendampingan kepada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter, Profil Pelajar Pancasila, SMA Negeri Tulakan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 07:55 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 07:55 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10010 |
Actions (login required)
View Item |