UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SUB BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII H SMP NEGERI 1 SUKOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

PRASETIONO, TRI (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SUB BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII H SMP NEGERI 1 SUKOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (155kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (455kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (444kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (346kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (139kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Tri Prasetiono. 2014. “Upaya Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Sub Bahasan Aritmatika Sosial Kelas VII H SMP Negeri 1 Sukorejo Tahun Pelajaran 2013/ 2014”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Dosen Pembimbing: Erika Ekasanti, M.Pd. Kata kunci : Pembelajaran berbasis masalah, prestasi belajar, aktivitas belajar siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar matematika di SMP Negeri 1 Sukorejo masih tergolong rendah, yang menjadi penyebabnya adalah penguasaan siswa terhadap materi masih kurang, model pembelajaran yang digunakan kurang tepat, dan kurangya aktivitas belajar siswa. Hal tersebut berdasarkan observasi yang dilakukan yaitu wawancara dengan guru kelas di kelas VII H SMP N 1 Sukorejo. Dari permasalahan tersebut, maka peneliti menggunakan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dan aktivitas belajar di kelas VII H SMP Negeri 1 Sukorejo dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan di kelas VII H SMP Negeri 1 Sukorejo. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Pengumpulan data diperoleh dari evaluasi tes prestasi belajar dan lembar observasi aktivitas belajar di kelas terhadap model pembelajaran berbasis masalah. Hasil penelitian (selama siklus satu dan dua) menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa meningkat dari 69,57% menjadi 82,61%. Aktivitas belajar di kelas meningkat dari silkus I ke siklus II, dapat dilihat dari 6 aktivitas yang diamati yaitu mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru dari 63,04% menjadi 73,04%, membaca dan memahami referensi yang di berikan dari 61,30% menjadi 69,57%, berbagi tugas dengan teman kelompoknya dalam memecahkan masalah yang diberikan dari 63,91% menjadi 72,17%, menyampaikan pendapat kepada teman kelompoknya dari 64,35% menjadi 72,60%, mempresentasikan hasil pekerjaan dari 64,35% menjadi 76,52%, menarik kesimpulan dari 56,96% menjadi 66,96%. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas belajar di kelas VII H SMP Negeri 1 Sukorejo. Saran yang dapat diajukan adalah model pembelajaran berbasis masalah dapat menjadi pertimbangan guru untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dan aktivitas belajar di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 04 Apr 2014 02:08
Last Modified: 04 Apr 2014 02:08
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item View Item