Ikmawati, Egidia (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN WATSON’S ERROR CATEGORY DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (261kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (374kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (101kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (745kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Materi aljabar merupakan materi awal dalam pembelajaran matematika bagi siswa SMP, khususnya materi operasi hitung bentuk aljabar yang merupakan materi dasar yang harus dikuasai siswa sebelum mempelajari materi aljabar yang tingkatnya lebih tinggi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa siswa yang masih melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal operasi hitung bentuk aljabar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bentuk aljabar berdasarkan watson’s error category. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa kelas VII A MTs Muhammadiyah 2 Jenangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes tulis dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan pedoman wawancara. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil tes tertulis siswa yang melakukan kesalahan paling banyak menurut watson’s error category, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik berdasarkan rekomendasi guru. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bentuk aljabar, siswa melakukan kesalahan berdasarkan watson’s error category yaitu data tidak tepat, prosedur tidak tepat, data tidak disebutkan, kesimpulan tidak disebutkan, konflik level respon, dan masalah hirarki keterampilan. Di samping kesalahan yang dilakukan siswa tersebut, ada kesalahan menurut watson’s error category yang tidak dilakukan siswa yaitu jenis kesalahan manipulasi tidak langsung dan selain ketujuh kategori di atas.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis kesalahan, Operasi Hitung Bentuk Aljabar, Watson’s Error Category |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 02:49 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 02:49 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10272 |
Actions (login required)
View Item |