Amaliya, Zulva (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PROGRAM LINEAR BERDASARKAN KRITERIA NEWMAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat Pernyataan Unggah Karya.pdf Download (175kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (390kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (853kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (482kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak siswa yang mengalami kesalahan dalam mengerjakan soal cerita materi program linear. Peranan guru sangat penting dalam menentukan metode yang sesuai dalam sebuah pembelajaran. Selain dari pembelajaran guru, juga dipengaruhi oleh karakteristik siswa yang disebut dengan gaya kognitif. Gaya kognitif terdiri dari dua macam yaitu gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD). Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan seberapa besar kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika program linear berdasarkan kriteria Newman ditinjau dari gaya kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Badegan tahun ajaran 2021/2022, yang kemudian diambil 6 sebagai subjek wawancara untuk tindakan penelitian lebih lanjut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes dan wawancara. Instrumen tes terdiri dari dua yaitu, Tes GEFT (Group Embbeded Figure Test) untuk mengukur gaya kognitif siswa Field Dependent (FD) atau Field Independent (FI) dan tes soal cerita program linear sebanyak 3 butir soal untuk mengukur sejauh mana kesalahan yang dilakukan siswa. Sedangkan wawancara untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam secara langsung dari subjek serta konfirmasi jawaban . Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear berdasarkan kriteria Newman ditinjau dari gaya kognitif siswa yaitu siswa dengan gaya kognitif field dependent cenderung melakukan kesalahan pada tahap transformasi masalah dan tahap keterampilan proses. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif field independent cenderung melakukan kesalahan pada tahap ketrampilan proses dan tahap penulisan jawaban. Jenis kesalahan memahami pada siswa gaya kognitif field dependent dan field independent sebesar 0%, dengan kata lain pada jenis kesalahan ini tidak ada siswa yang mengalaminya. Sedangkan kesalahan terbesar pada gaya kognitif field dependent dan field independent adalah kesalahan pada keterampilan proses yaitu siswa melakukan kesalahan berupa kesalahan saat menggambar grafik, menentukan daerah himpunan penyelesaian, menentukan titik pojok, dan saat menghitung nilai pada fungsi tujuan untuk menemukan nilai optimumnya. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Kriteria Newman, Gaya Kognitif
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Kriteria Newman, Gaya Kognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 02:14 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 02:14 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10280 |
Actions (login required)
View Item |