PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BIDAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs TARBIYATUL MU’ALIMAT AL-ISLAMIYAH PONDOK PESANTREN PUTRI WALI SONGO NGABAR

SUPRIHATIN, RENI (2015) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BIDAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs TARBIYATUL MU’ALIMAT AL-ISLAMIYAH PONDOK PESANTREN PUTRI WALI SONGO NGABAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Metode pembelajaran kooperatif tipe Bidak, prestasi belajar siswa,. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pada pelaksanaan penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas VIII Tarbiyatul Mu’alimat AL Islamiyah Pondok Pesantren Putri Wali Songo Ngabar 68 yang terbagi dalam 4 kelas yaitu kelas VIII A sampai dengan kelas VIII D, sedangkan sampel diambil secara acak terpilih kelas VIII A serta kelas VIII B sebagai sampel. Dimana kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan alat penelitian berupa tes. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa melalui metode pembelajaran kooperatif tipe BIDAK pada siswa kelas VIII Tarbiyatul Mu’alimat AL Islamiyah Pondok Pesantren Putri Wali Songo Ngabar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal tersebut terlihat dari analisa data yang dilakukan yaitu setelah data diuji normalitas dan homogenitasnya, uji yang dipakai adalah uji t dimana X1 merupakan kelas eksperimen dan X2 merupakan kelas kontrol, dari analisis data didapat 1 X = 73,82, 2 X =68.65, S12 = 88,28, S22 = 40,49. Dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata satu pihak kanan dan taraf signifikansi 5% didapat nilai t hitung = 1,89 dan t tabel = 1,69.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 11 Apr 2015 02:33
Last Modified: 11 Apr 2015 02:33
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1032

Actions (login required)

View Item View Item