PURWATI, ANIS (2015) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 1 JENANGAN PONOROGO TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
1. Halaman Judul ok.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
4. Lembar Persetujuan ( iii ) ok rangkap 4.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
5. Lembar Pengesahan ( iv ) ok rangkap 4.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK ( viii ) ok.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
artikel anis kolom.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
1. bab 1.pdf Download (111kB) | Preview |
|
Text
2. bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
Text
3. bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
Text
4. bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
Text
5. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA ok.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Keaktifan, Think Talk Write (TTW) Permasalahan yang dihadapi di kelaas VIIC semester 1 SMP Negeri 1 Jenangan tahun ajaran 2014/2015 yaitu dalam pembelajaran guru lebih mendominasi dari pada siswa sehingga siswa kurang aktif pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk mengatasi masalah diatas perlu dilakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Jenangan tahun ajaran 2014/2015. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMP N 1 Jenangan Tahun Ajaran 2014/2015. Di kelas ini ada 24 siswa terdiri dari 14 siswa lakilaki dan 10 siswa perempuan.instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata keaktifan belajar siswa pada siklus I adalah 50,01% sedangkan pada siklus II adalah 81,62%. Persentase tiap aspek yang dinilai pada siklus I dan siklus II adalah sebagai berikut : aspek 1 pada siklus I mencapai 50,12% sedangkan pada siklus II mencapai 81,52%, aspek 2 pada siklus I mencapai 49,55% sedangkan pada siklus II mencapai 82,55%, aspek 3 pada siklus I mencapai 52,34% sedangkan pada siklus II mencapai 79,92%, aspek 4 pada siklus I mencapai 47,96% sedangkan pada siklus II mencapai 81,55%, aspek 5 pada siklus I mencapai 50,07% sedangkan pada siklus II mencapai 82,56%. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus 1 termasuk dalam kategori kurang aktif sedangkan pada siklus II termasuk dalam kategori aktif. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menerapkan strategi Think Talk Write (TTW) sesuai dengan langkah-langkah yang diterapkan pada saat penelitian. Proses pembelajaran menjadi lebih aktif yang semula hanya guru yang mendominasi kelas, sekarang siswa sudah aktif belajar dan banyak melakukan aktivitas belajar sesuai indicator keaktifan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 11 Apr 2015 02:37 |
Last Modified: | 11 Apr 2015 02:37 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1033 |
Actions (login required)
View Item |