UPAYA GURU MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE TALAQQI DI KELAS VIII (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 1 Ponorogo)

Sholehah, Desi Avidatus (2022) UPAYA GURU MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE TALAQQI DI KELAS VIII (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 1 Ponorogo). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH.pdf

Download (197kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I-DESI.pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II-DESI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III-DESI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV-DESI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V-DESI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-DESI.pdf

Download (191kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-DESI.pdf

Download (729kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta lapangan di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 1 Ponorogo bahwa upaya yang dilakukan guru Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadis dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik setelah pandemi covid-19. Tujuan utamanya yaitu meningkatkan semangat peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik setelah 2 tahun kegiatan belajar dilakukan melalui online. Harapannya adalah dengan diterapkannya metode talaqqi peserta didik mampu membaca Al-Qur’an dan Hadis dengan tartil serta peserta didik mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian ini adalah upaya guru mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode talaqqi kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 1 Ponorogo, hasil dari upaya guru mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode talaqqi kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 1 Ponorogo, hambatan yang dihadapi guru mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode talaqqi siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 1 Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian dalam skripsi ini yaitu deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah suatu bentuk penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan serta menggambarkan fenomena-fenomena yang ada di lapangan dengan menggunakan kata-kata tertulis maupun lisan dari perilaku dan orang-orang yang diamati. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam skripsi ini melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam skripsi ini dapat diuraikan bahwa; 1) upaya guru mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode talaqqi siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 1 Ponorogo mampu meminimalisir peserta didik yang belum bisa membaca Al-Qur’an menjadi bisa membaca Al-Qur’an dengan tartil, 2) Hasil dari upaya guru mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ada di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 1 Ponorogo yaitu peserta didik mampu menyamakan bacaan Al-Qur’an dan Hadis, meski belum mencapai target yang sudah ditentukan, dengan diterapkannya metode talaqqi siswa dapat menyeragamkan dalam pelafalan bacaan Al-Qur’an dan Hadis dan dalam satu semester setengah perolehan hafalan peserta didik memperoleh setengah juz. 3) Sedangkan hambatan yang dihadapi guru mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis yaitu adanya faktor penghambat setelah pandemi waktu yang tersedia dalam penerapan metode talqqi masih sangat kurang, guru harus pintar-pintar dalam membagi waktu dan harus pintar-pintar dalam membawa arah tujuan bagi peserta didik;sudah mampukah dalam penambahan hafalan baru, mengulangi bacaan atau peserta didik harus dikuatkan dalam mengulangi hafalan lamanya.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadis, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Metode Talaqqi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 21 Sep 2022 01:43
Last Modified: 21 Sep 2022 02:35
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10395

Actions (login required)

View Item View Item