PENGARUH SISTEM INFORMASI KEUANGAN DAERAH DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DI KABUPATEN PONOROGO (Studi Empiris Pada SKPD Kabupaten Ponorogo )

AZIZAH, UMI (2022) PENGARUH SISTEM INFORMASI KEUANGAN DAERAH DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DI KABUPATEN PONOROGO (Studi Empiris Pada SKPD Kabupaten Ponorogo ). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH UMI AZIZAH.pdf

Download (298kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (886kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Dalam era globalisasi, reformasi dan tuntutan transparansi yang semakin meningkat, peran akuntansi semakin dibutuhkan, tidak saja untuk kebutuhan pihak manajemen suatu entitas tetapi juga untuk kebutuhan pertanggungjawaban (accountability) kepada banyak pihak yang memerlukan, salah satu diantaranya adalah pemerintah. Instansi pemerintah wajib melakukan pengelolaan keuangan serta mempertanggungjawabkan pelaksanaan keuangan sesuai tugas pokok dan fungsinya yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh sistem informasi keuangan daerah dan sistem pengendalian intern terhadap kualitas laporan keuangan pada SKPD Di Kabupaten Ponorogo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SKPD yang berjumlah 45 dimana didalam SKPD diambil 2 responden jadi setiap SKPD terdapat 90 responden. Pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Data yang diambil untuk melakukan penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan instrumen kuesioner. Pengujian analisis kualitas data digunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Kemudian untuk pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien regresi secara parsial (uji t), secara serempak (uji F), dan koefisien determinasi (R2). Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem informasi keuangan daerah (X1) tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan (Y) ini artinya bahwa sistem informasi keuangan daerah sebagai suatu sistem belum dapat membantu dalam penyajian dan peningkatan Kualitas laporan keuangan pemerintah tersebut. dan sistem pengendalian intern (X2) berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan (Y).

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Keuangan Daerah, Sistem Pengendalian Intern, Kualitas Laporan keuangan
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Economic
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:40
Last Modified: 22 Sep 2022 07:40
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10450

Actions (login required)

View Item View Item