Internalisasi Karakter Kepemimpinan Berbasis Kegiatan Seni Beladiri (studi kasus di UKM Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Ponorogo)

Indriani, Fitri (2022) Internalisasi Karakter Kepemimpinan Berbasis Kegiatan Seni Beladiri (studi kasus di UKM Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (surat persetujuan unggah karya ilmiah)
surat persetujuan.pdf

Download (222kB)
[img] Text (halaman depan)
cover.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.docx.pdf

Download (550kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf

Download (409kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran[1].pdf

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Karakter kepemimpinan merupakan salah satu aspek yang dimiliki oleh seorang pemimpin, dalam hal ini adalah mahasiswa. Karakter kepemimpinan menentukan bagaimana seorang mahasiswa bisa menjalankan sebuah organisasi dan bermasyarakat. Melihat akan urgensinya pembentukan atau internalisasi karakter kepemimpinan dalam UKM Tapak Suci di Universitas Muhammadiyah Ponorogo sangat diperlukan, karena orientasi pengembangan karakter di UKM Tapak Suci bermuara pada bentuk pengabdian pada persyarikatan dengan kemampuan yang dimiliki anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui proses internalisasi karakter kepemimpinan berbasis kegiatan seni beladiri Tapak Suci di UKM Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Ponorogo. (2) mengetahui hasil internalisasi karakter kepemimpinan berbasis seni beladiri Tapak Suci di UKM Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Ponorogo. (3) mengetahui faktor penghambat dan pendukung internalisasi karakter kepemimpinan berbasis seni beladiri Tapak Suci di UKM Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Penelitian ini menggunaan metode kualitatif yaitu data yang diperoleh dari pendapat, pandangan pihak lain yang dihasilkan dari proses wawancara atau interview. Sedangkan metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah pengurus, alumni dan anggota UKM Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Dijadikan sebagai subjek penelitian karena peneliti menilai bahwa mereka memiliki kompeten untuk memperikan informasi, keterangan dan data yang erat kaitanya dengan masalah yang diteliti. Hasil dari penelitian ini dapat diambil dari kesimpulan bahwa: (1) proses internalisasi karakter kepemimpinan dilakukan melalui latihan kepemimpinan dasar tapak suci, latihan rutin, pembentukan kepanitiaan dan ujian kenaikan tingkat. (2) hasil dari internalisasi karakter kepemimpinan terfokus pada dua tipe, yaitu bisa memimpin diri sendiri dan juga dapat menjadi pemimpin kelompok masyarakat atau organisasi. (3) faktor pendukung internalisasi karater kepemimpinan yaitu adanya program tahunan yang dapat memicu sikap tangung jawab dan adanya motivasi dari para alumni agar dapat meneruskan regenerasi kepengurusan. Sedangkan faktor pemghambat dalam internalisasi karakter kepemimpinan yaitu seleksi alam yang bisa terjadi disetiap anggota dengan lunturnya niat berlatih dan perbedaan latar belakang dari para anggota.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: internalisasi,karakter kepemimpinan, seni beladiri tapak suci
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 23 Sep 2022 03:34
Last Modified: 23 Sep 2022 03:36
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10468

Actions (login required)

View Item View Item