HARTONO, LANGGENG (2022) STRATEGI MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA BERBASIS PROGRAM PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH DI MBS JETIS PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan unggah karya ilmiah)
surat persetujuan.pdf Download (292kB) |
|
Text (halaman depan)
lampiran depan (3).pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Download (395kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
lampiran belakang.pdf Download (5MB) |
|
Other (SKRIPSI FULL TEXT)
full .rar Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Langgeng Hartono, 2022. Strategi Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Berbasis Program Pembiasaan Sholat Berjamaah di MBS Jetis Ponorogo, Program Studi Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing (1). Drs. Rido Kurnianto, M.Ag., Pembimbing (2). Aldo Redho Syam, M.Pd.I. Kata Kunci: Meningkatkan Kedisiplinan, Pembiasaan Shalat Kedisipinan siswa merupakan suatu hal yang sangat penting dan merupakan suatu Branding yang positif dalam promosi lembaga. Penanaman disiplin merupakan tujuan suatu pendidikan, yang mana siswa akan sadar pentingnya tepat waktu dan menghargai waktu. Kedisiplinan merupakan cerminan sikap metal dari tingkah laku dan perbuatan seseorang maupun kelompok sebagai bukti ketaatan terhadap aturan, etik maupun norma yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan proses pembiasaan shalat berjamaah, tingkat kedisipinan siswa serta faktor penghambat dan pendukung terlaksananya pembiasaan shalat berjamaah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, data dianalisis menggunakan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, transferabilitas, dan confirmabilitas. Adapun hasil yang didapatkan yakni strategi yang ditempuh MBS Jetis Ponorogo dalam meningkatkan disiplin siswa yakni dengam menerapkan pembiasaan sholat berjamaah meliputi shalat wajib 5 waktu serta Qiyamul lail, atas diterapkanya pembiasaan sahalat siswa menunjukkan perilaku sadar akan pentingnya kedisiplinan tepat waktu, bertanggung jawab dan kerapian dalam berpakaian. Kendala dalam penerapan yakni kebiasaan siswa di lingkungan keluarga yang masih melekat pada diri masing-masing.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan Kedisiplinan, Pembiasaan Shalat |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 05:10 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 05:10 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10489 |
Actions (login required)
View Item |