TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TENTANG MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP MAWAR RSUD Dr. HARDJONO PONOROGO

Maghrobi, Alham Dino, Verawati, Metti and Munawaroh, Siti (2019) TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TENTANG MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP MAWAR RSUD Dr. HARDJONO PONOROGO. Health Sciences Jurnal ( Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 3 (1). pp. 1-11. ISSN ISSN2598-1188 (Print) ISSN2598-1196(Online)

[img] Text
7a-Tingkat Kepuasan Pasien BPJS tentang Mutu Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Mawar.pdf

Download (76kB)
[img] Text
7b-Tingkat Kepuasan Pasien BPJS tentang Mutu Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Mawar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7c-Tingkat Kepuasan Pasien BPJS tentang Mutu Pelayanan Keperawat.pdf

Download (511kB)
Official URL: https://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/HSJ/ar...

Abstract

Program baru pemerintah pusat lewat kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan jaminan sosial kesehatan bagi masyarakat melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS. Masalah yang sering di jumpai pada pengguna BPJS adalah keluhan pelayanan keperawatan yang diberikan oleh petugas kesehatan tidak semuanya tanpa biaya. Pelayanan yang diberikan oleh petugas kesehatan cenderung tidak memenuhi kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien BPJS dalam pelayanan keperawatan di Ruang Rawat Inap Mawar RSUD Dr. Hardjono Ponorogo. Desain penelitian ini adalah deskiptif. Responden penelitian ini adalah pasien BPJS di RSUD Dr.Hardjono Ponorogo. Teknik sampling penelitian menggunakan Proposive Sampling. Sampel penelitian ini adalah sebagian pasien yang di rawat di ruang rawat inap mawar di RSUD Dr.Hardjono Ponorogo dengan jumlah 48 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisioner sedangkan teknik analisa data menggunakan prosentase. Hasil penelitan 48 responden menunjukkan sebagian besar ( 52% ) atau 25 responden puas dengan pelayanan keperawatan BPJS di ruang rawat inap mawar RSUD Dr.Hardjono Ponorogo dan hampir setengahnya ( 48% ) atau 23 responden tidak puas dengan pelayanan Keperawatan BPJS. Dari hasil penelitian disimpulkan tingkat kepuasan pasien tentang Mutu pelayanan keperawatan sudah baik, selanjutnya pelayanan di RSUD Dr,Hardjono Ponorogo lebih ditingkatkan lagi pelayanan keperawatan khususnya pengguna BPJS sehingga pasien BPJS merasa puas dalam mendapatkan pelayanan keperawatan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Pasien, dan BPJS
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing S1
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:05
Last Modified: 02 Nov 2022 07:05
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10565

Actions (login required)

View Item View Item