HUBUNGAN PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG KEJANG DEMAM DENGAN PERILAKU PENANGANAN KEJANG DEMAM SEBELUM DIBAWA KE RUMAH SAKIT

Nuryani, Nuryani, Nasriati, Ririn and Verawati, Metti (2020) HUBUNGAN PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG KEJANG DEMAM DENGAN PERILAKU PENANGANAN KEJANG DEMAM SEBELUM DIBAWA KE RUMAH SAKIT. Health Sciences Jurnal ( Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 4 (1). pp. 44-59. ISSN ISSN2598-1188 (Print) ISSN2598-1196(Online)

[img] Text
21. pengetahuan tentang kejang dengan perilaku penanganan kejang.pdf

Download (160kB)
[img] Text
21. Cek Turnitin_pengetahuan tentang kejang dengan perilaku penanganan kejang.pdf

Download (3MB)
[img] Text
13c-Hubungan Pengetahuan Keluarga Tentang Kejang Demam Sebelum D.pdf

Download (510kB)
Official URL: https://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/HSJ/ar...

Abstract

Kejang demam merupakan bangkitan kejang karena peningkatan suhu tubuh terjadi < 4 tahun. Memasukkan sendok kedalam mulut, menahan gerakan anak, memberikan selimut tebal, memberikan kopi, merupakan perilaku salah dalam penanganan kejang demam sebelum dibawa ke rumah sakit. Desain penelitian menggunakan korelasi, tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan keluarga tentang kejang demam dengan perilaku penanganan kejang demam sebelum dibawa ke rumah sakit. Populasi penelitian adalah seluruh keluarga yang menunggu anak mengalami kejang demam di rumah sakit umum muhammadiyah ponorogo. Sampling yang digunakan adalah porposive sampling. Sampel penelitian sejumlah 40 responden. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Tehnik analisa data dengan menggunakan Chi-Square nilai p hitung 5,012 dengan taraf signifikan < 0,05. Dari 40 responden, menunjukan bahwa pengetahuan keluarga tentang kejang demam berpengetahuan baik sejumlah 50%, sedangkan perilaku positif dalam penanganan kejang demam yaitu 67%, diuji validitas nilai r hitung > r tabel (0,3044) dan reabilitas nilai signifikan > 0,6. Hasil penelitian adanya hubungan antara pengetahuan keluarga tentang kejang demam dengan perilaku penanganan kejang demam sebelum dibawa ke rumah sakit di ruang anak tumah sakit umum muhammadiyah ponorogo. Bagi peneliti selanjutnya agar meneliti faktor yang mempengaruhi perilaku keluarga dalam penanganan kejang demam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Kejang Demam, Perilaku, Penanganan Kejang Demam
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing S1
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:48
Last Modified: 10 Nov 2022 05:57
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10572

Actions (login required)

View Item View Item