Revitalisasi Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Muhammadiyah Ponorogo Berbasis Kurikulum “Al-Maun”

Wahrudin, Bambang and Wulansari, Ayu (2022) Revitalisasi Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Muhammadiyah Ponorogo Berbasis Kurikulum “Al-Maun”. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6 (3). pp. 459-465. ISSN ISSN2528-4967 (print) dan ISSN2548-219X (online)

[img] Text
8. Revitalisasi Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Muhammadiyah Ponorogo Berbasis Kurikulum “Al-Maun”.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. Hasil Cek Plagiasi_Revitalisasi Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Muhammadiyah Ponorogo Berbasis Kurikulum “Al-Maun”.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Axiolog...

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk menghasilkan kurikulum TPA dibawah naungan persyarikatan Muhammadiyah. TPA Muhammadiyah belum memiliki standar baku kurikulum TPA sehingga belum memiliki keseragaman dalam capaian pembelajaran, sehingga perlu dilakukan pedoman kurikulum. yang memiliki muatan al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Standar dan capaian pembelajaran TPA dapat terukur dan memiliki keseragaman. Metode yang digunakan menggunakan dua pendekatan. Pertama pendekatan klasikal yaitu melaksankan workshop secara bersama dalam dengan seluruh TPA Muhammadiyah berjumlah 37 beserta lembaga Pembina Pesantren PDM Kabupaten Ponorogo. Diawali dengan materi Manajemen Pengelolaan Lembaga Pendidikan Muhammadiyah yang terintegrasi dengan nilai-nilai al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Kedua metode berkelompok terbagi menjadi 2 (dua) komisi ini membahas tentang standar kompetensi lulusan santri TPA Muhammadiyah dan komisi kedua membahas tentang manajemen administrasi pengembangan TPA Muhammadiyah. Hasil dari pengabdian ini adalah melakukan revitalitas kurikulum ini akan menjadi pedoman Active Learning, Menarik, Adaptif, dan Unggul, (AL-MAUN) dalam mencetak generasi Qur;ani. Kurikulum TPA yang terintegrasi dengan muatan al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Implementasi program pada tahap awal telah dilakukan evaluasi sebagai uji kelayakan kurikulum. Rekomendasi untuk peningkatan implementasi program, mitra hendaknya terus melakukan upaya pemantauan pelaksanaan kurikulum, melakukan kegiatan sharing sassion sebagai wadah pemecahan berbagai permasalahan implementasi kurikulum dan melakukan evaluasi pelaksanaan kurikulum AL-MAUN.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Revitalitas, Kurikulum, TPA, Muhammadiyah, Al-Maun
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 28 Nov 2022 07:09
Last Modified: 28 Nov 2022 07:09
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10659

Actions (login required)

View Item View Item