Internalisasi pendidikan moral pada perguruan tinggi di Jepang

Sutrisno, Sutrisno (2020) Internalisasi pendidikan moral pada perguruan tinggi di Jepang. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17 (1). pp. 50-59. ISSN Online ISSN 2541-1918

[img] Text
4. ARTIKEL JURNAL PKN UNY.pdf

Download (723kB)
[img] Text
4. Internalisasi Pendidikan Moral Pada Perguruan Tinggi Di Jepang.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui konsep pembelajaran pendidikan moral di perguruan tinggi di Jepang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Tokyo Gakugei University. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Pendidikan moral pada perguruan tinggi di Jepang bertujuan untuk membangun karakter warga negara muda untuk berpikir bagaimana caranya hidup dan bertindak atas dasar penilaian otonom dan hidup sebagai orang yang proaktif bersama dengan orang lain. Pendidikan moral menjadi alat dan media untuk mentrasformasikan nilai-nilai dasar filosofis masyarakat Jepang. Pendidikan moral dapat tercermin pada karakter keseharian masyarakat Jepang yang memiliki etos dan semangat kerja tinggi dalam menjalankan setiap profesinya

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, pendidikan moral, perguruan tinggi Jepang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 29 Nov 2022 03:01
Last Modified: 29 Nov 2022 03:01
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10668

Actions (login required)

View Item View Item