LITERASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENDAMPINGAN PENGUATAN KOMPETENSI PENDIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19

Kumalasari, Ellisia, Palupi, Risqi Ekanti Ayuningtyas, Vidyastari, Rhesma Intan and Desriyanti, Desriyanti (2022) LITERASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENDAMPINGAN PENGUATAN KOMPETENSI PENDIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19. HIKMAYO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (1). pp. 1-9. ISSN e-ISSN : 2828-7479

[img] Text
6. Artikel_LITERASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENDAMPINGAN PENGUATAN.pdf

Download (445kB)
[img] Text
6. Cek Plagiasi_LITERASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENDAMPINGAN PENGUATAN.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://jurnal.amayogyakarta.ac.id/index.php/HIKMAY...

Abstract

Masih berlangsungnya pandemi Covid-19 memberikan dampak yang mempengaruhi segala aspek kehidupan, tidak terkecuali bidang pendidikan. Berbagai kebijakan telah diambil sebagai upaya untuk menekan angka penyebaran virus ini. Adapun dalam bidang pendidikan salah satu langkah atau kebijakan yang diambil adalah dengan ditiadakannya pembelajaran tatap muka dan diganti dengan pembelajaran daring atau online. Tidak hanya kegiatan pembelajaran di tingkat sekolah (SD,SMP,SMA) tetapi juga berlaku sampai ke tingkat Universitas. Kebijakan belajar daring juga bukan tanpa kekurangan. Masih banyak dijumpai kendala yang mengakibatkan terhambatnya keberlangsungan pembelajaran secara daring. Salah satu kendala yang dihadapi adalah masih banyaknya tenaga pendidik yang tidak atau belum menguasi teknologi dengan baik, serta memanfaatkannya sebagai salah satu bagian dari media belajar daring ini. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka dirasa perlu untuk memberikan pelatihan dan pendampingan mengenai Literasi Digital sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran itu sendiri. Adapun pelatihan dan pendampingan ini dilaksanakan oleh para pakar dan tenaga ahli dari bidang IT, sehingga diharapkan hasil akhir dari pendampingan ini dapat meningkatkan keterampilan pendidik dalam menggunakan software maupun hardware. Dari kegiatan pelatihan dan pengabdian ini, keterampilan pendidik dalam mengoperasikan media pembelajaran mengalami peningkatan. Hal ini bisa dilihat dari hasil lokakarya yang telah dibuat, di mana 27 dari 30 peserta telah mengalami peningkatan baik dari pengetahuan maupun keterampilan daripada penggunaan media pembelajaran yang telah dilatihkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Learning, Online, Digital Literacy
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 09 Dec 2022 06:41
Last Modified: 09 Dec 2022 06:41
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10689

Actions (login required)

View Item View Item