YUANA, ANIS (2015) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DALAM PENEMUAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI IMPLEMENTASI METODE GUIDED INQUIRY PADA PEMBELAJARAN METEMATIKA DI MTS MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO TAHUN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
COVER.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (304kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6kB) | Preview |
Abstract
Dalam proses belajar mengajar di sekolah, semua guru pasti mengharapkan agar siswanya dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Akan tetapi fakta di lapangan siswa lebih cederung menunjukan gejala – gejala yang mengakibatkan hasil belajar tidak sesuai yang diharapkan. Hal tersebut di pengaruhi oleh proses belajar mengajar di kelas yang tidak relevan. Di MTs Muhammadiyah Ponorogo hampir 50% siswa kelas VII kesulitan dalam memahami pelajaran matematika hal ini di karenakan kurangnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika. Dari pengamatan proses pembelajaran tersebut maka peneliti bertujuan meningkatkan aktivitas siswa dalam menemukan konsep matematika, sehingga siswa akan lebih mudah paham tentang apa yang mereka pelajari dan mampu mengaplikasikan. Dari tujuan penelitian diatas maka peneliti mengimplementasikan metode Guided Inquiry karena dirasa metode ini cocok untuk kondisi kelas seperti di atas. Metode Guided Inquiry merupakan metode yang mempersiapkan peserta didik pada situasi untuk melakukan eksperimen sendiri secara luas, supaya melihat apa yang terjadi, ingin melakukan sesuatu, mengajukan pertnyaan – pertanyaan, dan menemukan jawabanya sendiri, membandingkan hasil temuanya dengan peserta didik yang lain. Dengan kata lain siswa tersebut di tuntut untuk: Penerimaan dan pengidentifikasian masalah, Pengembangan hipotesis, Pengumpulan data, Pengujian hipotesis, Penarikan kesimpulan, sehingga semua kegiatan yang di lakukan dan hasil – hasil yang di peroleh terekam pada mindset mereka. Penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualiitatif. Dengan data yang di peroleh sebagai berikut: Peningkatkan aktivitas siswa dalam penemuan konsep matematika melalui implementasi metode Guided Inquiry. Data di ambil dari observasi aktivitas siswa dalam penemuan konsep selama pembelajaran matematika menggunakan metode Guided Inquiry dan dokumentasi. Dengan hasil yang diperoleh yakni aktivitas siswa dalam penemuan konsep matematika mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya dengan prosentase siklus I sebesar 2,44 menjadi 2,89 pada siklus II. Kata Kunci : Guided Inquiry , Aktivitas Siswa, Penemuan Konsep matematika, Pembelajaran Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 14 Apr 2015 05:17 |
Last Modified: | 14 Apr 2015 05:17 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1072 |
Actions (login required)
View Item |