Pembelajaran Matematika dengan Penilaian Portofolio Materi Struktur Aljabar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Maternatika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Sumaji, Sumaji (2009) Pembelajaran Matematika dengan Penilaian Portofolio Materi Struktur Aljabar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Maternatika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 1 (1). pp. 86-99. ISSN 2303-3800

[img] Text
DIEMNSI VOL 1 .1_Compress.pdf

Download (508kB)
[img] Text
cp._DIMENSI VOL 1 .1_Compress.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajarannselama ini yangndigunakan di Perguruanntinggi khususnya di UniversitasnMuhammadiyahnPonorogo menggunakan penelaian Tugas, UTSndan UAS. Pembelajaran dengannpenilaian tersebut hanyanbisa mengukur kemampuannmahasiswansesaat yaitu dimana kondisi mahasiswa saat ujian dilaksanakan. Pembelajaran semacam tidak biasa mengembangkan kompetensi mahasiswa,nkarena mahasiswa hanya belajar padansaat-saat dibutuhkan. Pembelajarannmatematika dengan penilaiannportofolio menuntut mahasiswa aktif setiapnsaat, dapat melihat kemampuan mahasiswa yang sesungguhnya sehingga mahasiswandapat menguasainmateri: pelajaran setahap demi setahap. Penelitiannini bertujuan untuknmengetahui efektifitas pembelajaran matematikandengan penilaiannportofolio yaitu dengannmelihat ketuntasan penguasaannmahasiswa dan tanggapannatau respon mahasiswandan untuk melihat kompetensinmahasiswa jurusannpendidikan matematikandengan membandingkannkemampuan mahasiswandalam menyampaikannmateri antara mahasiswa yang diajarndengan penilaiannportofolio dengan mahasiswa yang diajar dengan penilaian tugas, UTS dan UAS dan membandingkan tingkat penguasaan mahasiswanterhadap materi antaranmahasiswa yang pembelajarannyandengan penilaiannportofolio dannmahasiswa yang pembelajarannyandengan penilaian tugas, UTS dan UAS. . Metode penelitian yangndigunakan adalahnmetode diskriftif kualitatif untuk melihat efektifitaspembelajaran matematika dengan penilaian portofolio dan statistic inferenstal untuk melihatnkompetensi mahasiswandengan menggunakan uji —t. Hasil penelitiannyang diperolehnadalah pembelajarannmatematika dengan penilaian portofolio efektif, yang dari respon mahasiswa mempunyai rerata 3,26 dan prosentase ketuntasan mahasiswa mencapai 90%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: penilaian portofolio, materi struktur aljabar 1
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:47
Last Modified: 15 Dec 2022 03:47
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10730

Actions (login required)

View Item View Item