Sumaji, Sumaji (2006) Pembelajaran Matematika dengan Model Komputer Jari-Jari Tangan di SD Kelas III Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. Fenomena, 3 (1). pp. 30-40.
Text
FENOMENA.pdf Download (374kB) |
|
Text
cp._FENOMENA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abstrak : Matematikanharus diakuinmerupakan matanpelajaran yang sukarndipahami olehnsiswa - siswa padanumumnya. Sebabnyanantara lain, karenankonsep - konsepnmatematika itunabstrak. MenurutnPiaget, siswa-siswanSDnyang berumur 7-12 tahunndapat memahaminsesuatu yangnabstrak itunbila dibantundengan sesuatunyang sifatnyankongrit. Belajarnmelalui prakteknakan lebihnefektif mampunmembina sikap, keterampilanncara berfikirnkritis dannlain-lain, bllandibandingkan dengan caranhafalan saja. Halnini gurundituntut untuknmenggunakan model yangnmelibatkan siswanaktif belajar. Salahnsatu modelnpembelajaran matematikanyang dipandangnsesuai dengannharapan di atasnadalah ModelnPembelajaran KomputernJari-Jari Tangan. Penelitiannini bertujuannuntuk 1) nMendeskripsikan pencapaiannketuntasan belajar siswansetelah dilakukannpembelajaran dengannmodel komputernjari-jari tangan, 2) nMendeskripsikan tanggapannsiswa terhadapnpembelajaran modelnkomputer jari-jari tangan, dan 3) Membandingkannhasil belajar siswanyang mengikutinpembelajaran matematikanmenggunakan model komputernjari-jari tanganndengan hasilnbelajar siswanyang mengikuti pembelajarannsecara konvensional. nMetode penelitiannyang digunakan adalahnmetodeneksperimental dannteknik pengumpulanndata menggunakannmetode angket.nHasil analisisndata mennjukkannbahwa pembelajarannmatematika dengannkomputer jari-jarintangan efektif untuknmengajarkan perkaliannbilangan 6-10 di SD dan pembelajarannmatematika dengannkomputer jari-jari tangan mempunyainhasil belajar yangnlebih baikndibandingkan dengan hasil belajarnsiswa secatankonvensional.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Matematika, Model Komputer Jari-Jari Tangan |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 04:09 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 04:09 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10733 |
Actions (login required)
View Item |