PENGARUH USIA PERMULAAN MASUK SEKOLAH TERHADAP KEMAJUAN BELAJAR SISWA DISEKOLAH DASAR KECAMATAN KOTA KABUPATEN PONOROGO

Sumaji, Sumaji (2003) PENGARUH USIA PERMULAAN MASUK SEKOLAH TERHADAP KEMAJUAN BELAJAR SISWA DISEKOLAH DASAR KECAMATAN KOTA KABUPATEN PONOROGO. Unmuh Ponorogo, Ponorogo, Indonesia. (In Press)

[img] Text
PENGARUH PONDOK PESANTREN TERHADAP KEHIDUPAN KEAGAMAAN MASYARAKAT SEKITARNYA-1-10.pdf

Download (1MB)
[img] Text
cp._PENGARUH PONDOK PESANTREN TERHADAP KEHIDUPAN KEAGAMAAN MASYARAKAT SEKITARNYA-1-10.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pada tahun 1980-an ada kecenderungan umum di Indonesia dimana orang tua mulai berani menyekolahkan anaknya di sekolah dasar pada usia 6 tahun sampai 7 tahun. Akhirnya pemerintah menegluarkan ketentuan yang menyatakan bahwa anak usia 6 tahun dapat diterima untuk masuk sekolah dasar, sedangkan yang telah berumur 7 tahun perlu diberikan prioritas dalam penerimaan. Berdasarkan ketentuan tersebut akhirnya masyarakat semakin berani untuk menyekolahkan anaknya lebih dini lagi, bukan usia 6 tahun saja bahkan lebih rendah dari itu, yaitu usia 5 sampai 6 tahun. Hal ini didorong pengelaman orang tua terhadapa sekolah anaknya di jenjang Pra sekolah yaitu di TK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usia masuk sekolah dasar yang paling ideal dan melihat adakah perbedaan kemajuan belajar antara anak yang masuk sekolah pada usia awal dngan anak yang masuk sekolah pada usia yang Iebih tua. Penelitian ini termasuk penelitian terapan dengan mengambil sampel 5 SD yang mewakili SD negeri dan SD swasta. Dengan tehnik sampling purposive random, area sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis statistic beda rata-rata. Hasil penelitian ini dengan taraf kepercayaan 5% ternyata tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal prestasi belajar antara anak yang masuk sekolah dalam usia yang kurang dari tujuh tahun dengan anak yang masuk sekolah Iebih dari tujuh tahun, walaupun ada perbedaan sedikit bahwa ternyata anak yang masuk pada usia kurang dari tujuh tahun lebih baik prestasinya.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 15 Dec 2022 04:18
Last Modified: 15 Dec 2022 04:18
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10734

Actions (login required)

View Item View Item