STUDI TENTANG PENGARUH PENGGUNAAN LKS DENGAN METODE PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES SECARA INDIVIDUAL DAN DISKUSI KELOMPOK SEBELUM MATERI DISAJIKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SLTP NEGERI I PURWANTORO WONOGIRI

Sumaji, Sumaji (2005) STUDI TENTANG PENGARUH PENGGUNAAN LKS DENGAN METODE PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES SECARA INDIVIDUAL DAN DISKUSI KELOMPOK SEBELUM MATERI DISAJIKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SLTP NEGERI I PURWANTORO WONOGIRI. UNMUH Ponorogo, Ponorogo.

[img] Text
STUDI TENTANG PENGARUH PENGGUNAAN LKS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
cp._STUDI TENTANG PENGARUH PENGGUNAAN LKS.pdf

Download (9MB)

Abstract

Dalarn rangka menyediakan atau menciptakan sumber daya manusia yang handal dan terampil, lembaga Pendidikan memegang peranan yang sangat penting. Untuk itu Pendidikan merupakan masalah yang paling utama dan actual yang harus diutamakan guna mengikuti perkembangan ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang begitu cepat. Banyak sekali usaha-usaha yang dilakukan oleh pemerintah untuk memperbaharui Pendidikan, mulai dari kurikulumnya, metodenya, peralatannya dsb. Pada saat ini yang paling di utamakan adalah pembaharuan dalam proses belajar mengajar yang terkenal dengan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif). Dengan CBSA diharapkan bisa terjadi komunikasi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa sesuai dengan guru. Dalam CBSA banyak sekali caranya. Untuk itu peneliti mengangkat masalah CBSA dengan menggunakan Pendekatan Ketrampilan Proses dengan memberi LKS kepada siswa sebelum materi di ajarkan. Adapun pengerjaan LKS dilakukan dengan Individual dan Diskusi kelompok, sehingga masalahnya adalah: " Adakah perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengerjakan LKS secara Individual dengan siswa yang mengerjakan LKS secara diskusi kelompok sebelum materi disajikan dan adakah perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengerjakan LKS secara Individual yang pengisiannya dilaksanakan sebelum materi disajikan dengan siswa yang mengerjakan LKS pada saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran, serta adakah perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengerjakan LKS secara diskusi kelompok yang pengisiannya dilaksanakan sebelum materi disajikan dengan siswa yang mengerjakan LKS pada saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran ". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan LKS dalam pembelajaran matematika sebelum materi disajikan akan mempermudah siswa dalam menerima dan memahami konsep yang diberikan guru serta dapat menciptakan interaksi yang lebih baik sehingga dapat mencapai tingkat keberhasilan yang optimal pada siswa kelas I SLTP Negeri I Purwantoro. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu dari populasi yang berjumlah 5 kelas dengan 296 siswa diambil untuk dijadikan sampel sebanyak tiga kelas dengan Random (Acak), Yaitu 1 kelas sebagai kelas kontrol, 2 kelas sebagai kelas eksperimen , yaitu 1 kelas mengerjakan LKS secara kelompok sebelum materi disajikan, kemudian dianalisis dengan uji T test, dengan taraf signifikan 5% diperoleh kesimpulan bahwa : " Prestasi belajar siswa yang mengerjakan LKS secara diskusi kelompok sebelum materi disajikan dengan metode ketrampilan proses lebih baik dari prestasi siswa yang mengerjakan LKS secara Individual sebelum materi disajikan". Prestasi belajar siswa yang mengerjakan LKS dengan menggunakan Pendekatan Ketrampilan Proses secara Individual sebelum materi disajikan lebih baik dari pada prestasi belajar siswa yang mengerjakan LKS dengan menggunakan metode pendekatan ketrampilan proses pada saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran. Prestasi belajar siswa yang mengerjakan LKS ssecara diskusi kelompok sebelum materi disajikan lebih baik dari pada prestasi siswa yang mengerjakan LKS pada saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 15 Dec 2022 04:25
Last Modified: 15 Dec 2022 04:25
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10736

Actions (login required)

View Item View Item