PENINGKATAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VIII MTs. NEGERI PULOSARI TAHUN AKADEMIK 2014/2015

NILAM SARI, DANTI (2015) PENINGKATAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VIII MTs. NEGERI PULOSARI TAHUN AKADEMIK 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (995kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Penalaran adalah fondasi matematika yang memiliki peran amat penting dalam proses berpikir siswa. Bila kemampuan bernalar tidak dikembangkan pada siswa, maka bagi siswa matematika hanya akan menjadi materi yang mengikuti serangkaian prosedur dan meniru contoh-contoh tanpa mengetahui maknanya. Melalui studi pendahuluan oleh peneliti dengan melakukan wawancara kepada guru kelas, pengamatan terhadap proses dan hasil belajar matematika siswa di kelas VIII MTs. Negeri Pulosari diperoleh hasil bahwa: 1) Dalam proses pembelajaran matematika kebanyakan siswa cenderung hafal secara material tanpa memahami makna yang terkandung dalam materi pelajaran yang disampaikan. Hal ini dikarenakan siswa hanya diam mendengarkan guru tanpa mencoba berpikir sendiri. 2) Siswa belum berpartisipasi secara aktif dalam menemukan sendiri makna dari pengertian matematika yang mereka pelajari, sehingga siswa kesulitan menggunakan penalaran dalam menyelesaikan masalah matematika yang lebih kompleks, mereka hanya bisa menyelesaikan soal-soal serupa dengan contoh yang diberikan oleh guru. 3) Siswa belum bisa mengembangkan kemampuan berpikirnya secara aktif karena model pembelajaran masih terpusat pada guru atau terpusat pada siswa tetapi berbasis metode permainan saja. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan penalaran matematika siswa kelas VIII MTs. Negeri Pulosari tahun akademik 2014/2015 melalui Model Pembelajaran Problem Solving, serta mengetahui kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran melalui Model Pembelajaran Problem Solving pada siswa kelas VIII E MTs. Negeri Pulosari tahun akademik 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui beberapa siklus di dalam kelas. Subjek dalam penelitian ini penelitian ini yaitu kelas VIII E yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan 1 kali tes akhir siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi pengelolaan pembelajaran oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas siswa dan pengelolaan pembelajaran guru. Berdasarkan hasil tes penalaran matematika siswa mengalami peningkatan sebesar 11.54% yang pada siklus I sebesar 59.55% menjadi 71.09% pada siklus II. Dari hasil observasi pengelolaan pembelajaran guru juga mengalami peningkatan dari 71.71% pada siklus I menjadi 88.82% pada siklus II dengan kategori baik. menjadi 73.33% pada siklus II. Kata Kunci : Penalaran Matematika, Model Pembelajaran Problem Solving

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 14 Apr 2015 05:26
Last Modified: 14 Apr 2015 05:26
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1074

Actions (login required)

View Item View Item