Nurhidayah, Dwi Avita (2018) TAHAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN TEST OF PIAGET’S LOGICAL OPERATION (TLO). LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1). pp. 26-32. ISSN e-ISSN: 2620-6455 | p-ISSN: 2620-6447
Text
Artikel 2.pdf Download (293kB) |
|
Text
Turnitin Artikel 2.pdf Download (945kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap perkembangan kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika menggunakan Test of Piaget’s Logical Operations (TLO). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Fokus penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Ponorogo yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berada pada tahap konkrit awal adalah 20%, yang berada pada tahap konkrit akhir 44%, yang berada pada tahap formal awal 36%. Berdasarkan rata-rata hasil Test of Piaget’s Logical Operations (TLO) siswa berada pada tahap operasi konkrit akhir, dimana siswa mampu berpikir logis
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perkembangan kognitif, Test of Piaget’s Logical Operations (TLO), operasi konkrit |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 03:11 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 03:11 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10765 |
Actions (login required)
View Item |