TAHAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN TEST OF PIAGET’S LOGICAL OPERATION (TLO)

Nurhidayah, Dwi Avita (2018) TAHAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN TEST OF PIAGET’S LOGICAL OPERATION (TLO). LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1). pp. 26-32. ISSN e-ISSN: 2620-6455 | p-ISSN: 2620-6447

[img] Text
Artikel 2.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Turnitin Artikel 2.pdf

Download (945kB)
Official URL: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/Laplace/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap perkembangan kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika menggunakan Test of Piaget’s Logical Operations (TLO). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Fokus penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Ponorogo yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berada pada tahap konkrit awal adalah 20%, yang berada pada tahap konkrit akhir 44%, yang berada pada tahap formal awal 36%. Berdasarkan rata-rata hasil Test of Piaget’s Logical Operations (TLO) siswa berada pada tahap operasi konkrit akhir, dimana siswa mampu berpikir logis

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: perkembangan kognitif, Test of Piaget’s Logical Operations (TLO), operasi konkrit
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:11
Last Modified: 17 Jan 2023 03:11
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10765

Actions (login required)

View Item View Item