Implementasi Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa untuk Meningkatkan Prestasi Belajar di Masa Pandemi COVID-19

Wahyudi, Wahyudi, Jumadi, Jumadi and Nurhidayah, Dwi Avita (2022) Implementasi Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa untuk Meningkatkan Prestasi Belajar di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (1). pp. 925-932. ISSN E-ISSN : 2579-9258 P-ISSN: 2614-3038

[img] Text
Artikel 6.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Turnitin Artikel 6.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/...

Abstract

Penelitian ini melakukan peningkatan prestasi belajar mahasiswa melalui instrumen kemandirian belajar di masa pandemic covid-19. Hal ini beralasan bahwa sudah 2 semester lama pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring harus dilakukan di prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan khususnya adalah Mahasiswa semester VI. Berdasarkan evaluasi pembelajaran bersama rekan-rekan dosen setelah melaksanakan pembelajaran daring selama pandemic covid-19 ini, disimpulkan bahwa terdapat satu, dua, atau tiga kelompok metode/cara/penyelesaian soal saat evaluasi pembelajaran telah dilaksanakan. Artinya bahwa kemandirian belajar mahasiswa harus diperhatikan, karena dampaknya adalah setelah mahasiswa mengabdi di masyarakat belum memiliki kemandirian yang penuh. Disisi lain, mahasiswa masih bergantung dan belum memiliki kemandirian belajar selama pembelajaran daring ini. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa melalui instrumen kemandirian belajar. Hal ini juga bertujuan untuk mengontrol bagaimana mahasiswa selama mengikuti perkuliahan yang dilakukan secara daring di masa pandemic covid-19 ini. Dengan ini, mahasiswa perlu dibiasakan untuk memiliki kemandirian belajar untuk meningkatkan prestasi belajar di pembelajaran daring.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Instrumen, Kemandirian Belajar, Pembelajaran Matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:30
Last Modified: 17 Jan 2023 04:31
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10769

Actions (login required)

View Item View Item