PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI POKOK HIMPUNAN KELAS VII SMP

PASIGATAMA, NUR (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI POKOK HIMPUNAN KELAS VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : pengembangan, perangkat pembelajaran, metode problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan dengan alasan minimnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran yang berdampak pada kurangnya kempuan siswa dalam pemecahan masalah-masalah matematika. Siswa diajar dengan metode ceramah. Oleh karena itu diperlukan sebuah perangakat pembelajaran yang mampu meningkatkan daya nalar anak, lebih menekankan pada pengintegrasian pemecahan masalah, serta memberikan ruang kepada siswa untuk berkreativitas dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat perangkat pembelajaran dengan model problem based learning pada materi pokok himpunan kelas VII SMP. Perangkat yang peneliti kembangkan berupa perangkat pembelajaran RPP dan LKS. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan. Model Pengembangan yang akan dipakai dalam penelitian adalah model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif, menunjukkan langkahlangkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Di penelitian ini peneliti menggunakan langkahlangkah penelitian pengembangan model Sugiyono dengan beberapa modifikasi. Yang dimaksud modifikasi bahwa dalam penelitian ini hanya sampai ujicoba terbatas produk, tidak sampai ujicoba yang lebih luas dikarenakan keterbatasan waktu. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan model Sugiyono dengan modifikasi ada delapan langkah sebagai berikut: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Ujicoba terbatas produk, (7) Revisi produk, dan (8) Hasil akhir. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model problem based learning pada materi pokok himpunan kelas VII SMP. Dari hasil analisis data,maka diperoleh hasil presentase kevalidan untuk validasi pembelajaran yang berupa RPP yaitu 91.32% dan dari hasil analisis data,maka diperoleh hasil presentase kevalidan untuk validasi LKS yaitu87,03%. Berdasarkan kriteria validasi yang digunakan maka hasil presentase kevalidanadalah “sangat valid”,.Berdasarkan ujicoba terbatas yang dilakukan kepada peserta didik menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model problem based learning pada materi pokok himpunan kelas VII SMP ini sangat valid (86.98%) atau layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 14 Apr 2015 05:55
Last Modified: 14 Apr 2015 05:55
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item View Item