UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 NGRAYUN TAHUN AJARAN 2014/2015

NURANIATI, NURANIATI (2015) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 NGRAYUN TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Langkah – langkah penerapan metode creative problem solving, motivasi belajar, kreativitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan metode pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap peningkatan motivasi dan kreativitas belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Ngrayun tahun pelajaran 2014/2015 dan (2) mengetahui peningkatan motivasi dan kreativitas belajar matematika melalui metode pembelajaran Creative Problem Solving pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Ngrayun tahun telajaran 2014/2015. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan (2) tes digunakan untuk mengetahui peningkatan kreativitas belajar siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) hasil observasi, (4) analisis data dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar siswa meningkat pada saat pra tindakan mencapai 68,75% , siklus 1 78,12% , siklus 2 84,37% dan (2) kreativitas belajar siswa meningkat, sebelum tindakan 21,8% , siklus 1 46,87% , siklus 2 77,12%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas belajar matematika pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Ngrayun Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 14 Apr 2015 05:57
Last Modified: 14 Apr 2015 05:57
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1081

Actions (login required)

View Item View Item