STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA RELIGIUS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SAILUL ULUM PAGOTAN KABUPATEN MADIUN

Azizah, Hawin Ulul, Muslich, Ahmad and Saputro, Anip Dwi (2022) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA RELIGIUS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SAILUL ULUM PAGOTAN KABUPATEN MADIUN. TARBAWI: Journal on Islamic Education, 6 (2). pp. 85-97. ISSN ISSN 2655-7949(Online)

[img] Text
37.1 ARTIKEL-STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA RELIGIUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH.pdf

Download (194kB)
[img] Text
37.2 TURNITIN-STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA RELIGIUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH (1).pdf

Download (2MB)
Official URL: https://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/tarbaw...

Abstract

Menumbuhkan dan mengembangkan budaya religius di sekolah berarti mengembangkan nilai-nilai religius di sekolah sebagai pijakan nilai, semangat, sikap, dan perilaku bagi para aktor sekolah, guru dan tenaga kependidikan lainnya, orang tua murid, dan peserta didik itu sendiri. Pelaksanaan budaya religius di sekolah mempunyai landasan kokoh yang normatif religius maupun konstitusional sehingga tidak ada alasan bagi sekolah untuk mengelak dari usaha tersebut. Oleh karena itu, penyelenggaraan pendidikan yang diwujudkan dalam membangun budaya religius di berbagai jenjang pendidikan, patut untuk dilaksanakan. Kepala Madrasah Ibtidaiyah Sailul Ulum Pagotan telah memiliki berbagai strategi dalam menumbuhakan budaya religius, sehingga madrasah memiliki banyak budaya religius. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi Kepala Sekolah dalam menumbuhkan budaya religius di Madrasah Ibtidaiyah Sailul Ulum, Pagotan Kabupaten Madiun. Dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi Kepala Sekolah dalam menumbuhkan budaya religius. Kajian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan berbagai strategi kepala sekolah dalam menumbuhkan budaya religius meliputi strategi pembiasaan, strategi keteladanan, strategi kemitraan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Madrasah Ibtida’iyah Saillul Ulum Pagotan, Strategi Kepala Sekolah, Budaya Religius
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 06 Feb 2023 08:15
Last Modified: 06 Feb 2023 08:15
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10816

Actions (login required)

View Item View Item