MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF PAIR CHECKS PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD N SEMPU NGEBEL TAHUN AJARAN 2014/2015

R.WULAN, RAHAYU (2015) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF PAIR CHECKS PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD N SEMPU NGEBEL TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (56kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata kunci : Metode Pair Checks, Aktivitas Siswa, dan Hasil Belajar Siswa. Kurangnya aktivitas siswa di kelas IV SD N Sempu Ngebel Ponorogo mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Pembelajaran didominasi oleh siswa yang aktif sehingga siswa pasif merasa minder dan jauh tertinggal dalam materi. Berdasarkan hal tersebut diperlukan usaha untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan suatu metode pair checks. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui upaya-upaya perbaikan yang dilakukan untuk meningkatkan aktivitas siswa melalui metode pembelajaran pair checks pada materi pecahan kelas 4 SD N Sempu Ngebel Tahun Ajaran 2014 / 2015 (2) Mengetahui upaya-upaya perbaikan yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui metode pembelajaran pair checks pada materi pecahan kelas 4 SD N Sempu Ngebel Tahun Ajaran 2014 / 2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam beberapa siklus. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Sempu Ngebel Ponorogo yang berjumlah 11 siswa. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi siswa dan tes hasil belajar siswa. Kemudian data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis. Dari hasil penelitian didapat: (1) Untuk meningkatkan aktivitas siswa melalui metode kooperatif pair checks upaya-upaya yang dilakukan:menjelaskan dan menegaskan metode pair checks lebih spesifik dengan bahasa yang lebih sederhana, memotivasi siswa yang pasif atau kurang percaya diri dalam proses pembelajaran di kelas, siswa diberi cara memberi saran dengan baik dan mengemukakan pendapat dengan baik tanpa menyalahkan teman terlebih dahulu. Dari upaya tersebut menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dimana pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 82% dan 89% pada siklus II. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran pair checks dilakukan upaya-upaya perbaikan: Memberi materi dengan bahasa yang lebih mudah dipahami,memberi tugas rumah / PR pada materi selanjutnya, penekanan pada langkah pengecekan berpasangan (pair check) terlihat hasil belajar siswa meningkat dari siklus 1 sebesar 91% menjadi 100% pada siklus ke-2 dengan KKM 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 15 Apr 2015 01:38
Last Modified: 15 Apr 2015 01:38
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1082

Actions (login required)

View Item View Item