Rancang Bangun Aplikasi Belajar Membaca dengan Gambar Animasi Berbasis Android

Buntoro, Ghulam Asrofi, Astuti, Indah Puji and Ariyadi, Dwiyono (2021) Rancang Bangun Aplikasi Belajar Membaca dengan Gambar Animasi Berbasis Android. JIP (Jurnal Informatika Polinema), 7 (3). pp. 29-34. ISSN ISSN: 2614-6371 | E-ISSN: 2407-070X

[img] Text
15. Rancang Bangun Aplikasi Belajar Membaca dengan Gambar Animasi Berbasis Android.pdf

Download (471kB)
[img] Text
15. Cek Plagiasi_Rancang Bangun Aplikasi Belajar Membaca dengan Gambar Animasi Berbasis Android.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/artic...

Abstract

Membaca adalah keahlian dasar yang harus dimiliki oleh anak, karena dengan membaca segala ilmu pengetahuan akan cepat masuk dan dipahami oleh manusia. Perkembangan teknologi membuat handphone yang dulu hanya untuk telepon dan kirim pesan sekarang menjadi smartphone yang memiliki lebih banyak fungsi antara lain bisa untuk mengerjakan pekerjaan kantor, video call, game dan masih banyak lagi. Sekarang ini mulai dari anak pra sekolah sudah mahir mengoperasikan smartphone, namun aplikasi yang sering dibuka anak-anak tersebut adalah Game yang tidak ada unsur edukasinya. Salah satu smartphone yang paling banyak dimilik dan digunakan warga Indonesia adalah smartphone berbasis Android. Maka dari itu, Aplikasi yang dibuat dalam penelitian ini adalah aplikasi belajar membaca atau mengenal abjad yang berbasis android dengan gambar animasi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode prototype, mulai identifikasi masalah sampai pengujian. Aplikasi telah diuji dengan metode black box dengan hasilnya semua menu-menu atau konten dalam aplikasi berjalan dengan baik. Tujuan dan Harapan dari dibangunnya aplikasi ini adalah menarik minat anak terutama anak usia pra sekolah atau taman kanak-kanak untuk mengenal abjad dengan tampilan aplikasi berupa gambar animasi yang menarik. Aplikasi ini dilengkapi dengan menu bermain untuk melatih kemampuan anak dalam menyambung kata dan mengeja huruf abjad. Hasil pengujian dengan metode black box pada aplikasi yang dibuat menunjukkan bahwa menu-menu sudah sesuai dan berjalan dengan baik sesuai apa yang diharapkan di dokumen perancangan. Dengan adanya aplikasi ini, anak-anak menjadi mempunyai aplikasi belajar abjad Bahasa Indonesia berbasis android yang menarik dan interaktif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: aplikasi, belajar, membaca, game, android
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 14 Feb 2023 08:26
Last Modified: 14 Feb 2023 08:26
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10846

Actions (login required)

View Item View Item