PEMBIASAAN PERILAKU RELIGIUS PADA SISWA MI NURUL ISLAM WONOGIRI PERSPEKTIF PENDEKATAN BEHAVIORISTIK

Novitasari, Giyarmi (2023) PEMBIASAAN PERILAKU RELIGIUS PADA SISWA MI NURUL ISLAM WONOGIRI PERSPEKTIF PENDEKATAN BEHAVIORISTIK. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA GIYARMI NOVITASARI.pdf

Download (550kB)
[img] Text (BAGIAN AWAL TESIS YANG BARU)
BAGIAN AWAL TESIS ii (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (279kB)
[img] Text (FULL TEXT)
TESIS GIYARMI NOVITASARI FUUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dilakukan pelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya peran dari guru dalam melakukan pembiasaan – pembiasaan religius melaui pendekatan behavioristik, untuk meneliti hal tersebut maka peneliti menulis dalam bentuk tesis yang berjudul “Pembiasaan Perilaku Religius Pada Siswa MI Nurul Islam Wonogiri Perspektif Pendekatan Behavioristik”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research), sebab informasi datanya yang dibutuhkan digali beserta dikumpul dari lapangan. Adapun metode penelitian ini sifatnya deskriptif kualitatif artinya penelitian tentang riset yang bersifat diskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitiannya yaitu: 1) pembiasaan perilaku religius ialah pengulangan secara berkelanjutnya dalam rentang waktu lama dengan tujuan untuk meningkatkan kesungguhan dalam religiulitas yang sempurna dengan cara yang baik dan benar. Kegiatan religius itu meliputi : a) dimensi ritual (syari’ah); b) dimensi ideologis (aqidah); c) dimensi intelektual (ilmu); d) dimensi pengalaman atau penghayatan (experiential); e)dimensi konsekuensial (pengamalan). Keterkaitan dengan lima dimensi religius tersebut guru MI Nurul Islam membiasakan kegiatan secara bertahap kepada siswa; 2) Adapun dampak pembiasaan perilaku religius pada siswa MI Nurul Islam Wonogiri dari stimulus yang sudah dilakukan baik orang tua dan guru berdampak peningkatan respon yang sangat bagus. Hal ini terlihat respon siswa menjadi terbiasa dalam menerapkan lima dimensi religius. 3) Ketika siswa diberikan stimulus dengan memberikan contoh baik dalam bentuk fikiran perbuatan dan perkataan, memberikan pembinaan, arahan, melakukan pendekatan dan bekerja sama dengan wali murid yang hal itu dibiasakan secara konsisten pada setiap dimensi pembiasaan religius, maka respons siswa menjadi terbiasa dan mencintai lima dimensi religious untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan. Kata Kunci: Implementasi perilaku Religius; Pendekatan Behavioristik; Siswa

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Implementasi perilaku Religius; Pendekatan Behavioristik; Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: pasca . userpasca
Date Deposited: 24 Feb 2023 04:08
Last Modified: 24 Feb 2023 04:08
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10893

Actions (login required)

View Item View Item