Novitasari, Giyarmi (2023) PEMBIASAAN PERILAKU RELIGIUS PADA SISWA MI NURUL ISLAM WONOGIRI PERSPEKTIF PENDEKATAN BEHAVIORISTIK. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA GIYARMI NOVITASARI.pdf Download (550kB) |
|
Text (BAGIAN AWAL TESIS YANG BARU)
BAGIAN AWAL TESIS ii (1).pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (309kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (374kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (279kB) |
|
Text (FULL TEXT)
TESIS GIYARMI NOVITASARI FUUL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dilakukan pelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya peran dari guru dalam melakukan pembiasaan – pembiasaan religius melaui pendekatan behavioristik, untuk meneliti hal tersebut maka peneliti menulis dalam bentuk tesis yang berjudul “Pembiasaan Perilaku Religius Pada Siswa MI Nurul Islam Wonogiri Perspektif Pendekatan Behavioristik”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research), sebab informasi datanya yang dibutuhkan digali beserta dikumpul dari lapangan. Adapun metode penelitian ini sifatnya deskriptif kualitatif artinya penelitian tentang riset yang bersifat diskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitiannya yaitu: 1) pembiasaan perilaku religius ialah pengulangan secara berkelanjutnya dalam rentang waktu lama dengan tujuan untuk meningkatkan kesungguhan dalam religiulitas yang sempurna dengan cara yang baik dan benar. Kegiatan religius itu meliputi : a) dimensi ritual (syari’ah); b) dimensi ideologis (aqidah); c) dimensi intelektual (ilmu); d) dimensi pengalaman atau penghayatan (experiential); e)dimensi konsekuensial (pengamalan). Keterkaitan dengan lima dimensi religius tersebut guru MI Nurul Islam membiasakan kegiatan secara bertahap kepada siswa; 2) Adapun dampak pembiasaan perilaku religius pada siswa MI Nurul Islam Wonogiri dari stimulus yang sudah dilakukan baik orang tua dan guru berdampak peningkatan respon yang sangat bagus. Hal ini terlihat respon siswa menjadi terbiasa dalam menerapkan lima dimensi religius. 3) Ketika siswa diberikan stimulus dengan memberikan contoh baik dalam bentuk fikiran perbuatan dan perkataan, memberikan pembinaan, arahan, melakukan pendekatan dan bekerja sama dengan wali murid yang hal itu dibiasakan secara konsisten pada setiap dimensi pembiasaan religius, maka respons siswa menjadi terbiasa dan mencintai lima dimensi religious untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan. Kata Kunci: Implementasi perilaku Religius; Pendekatan Behavioristik; Siswa
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi perilaku Religius; Pendekatan Behavioristik; Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies |
Depositing User: | pasca . userpasca |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 04:08 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 04:08 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10893 |
Actions (login required)
View Item |