UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI HAK ASASI MANUSIA (HAM) SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SLAHUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

PURNOMO, HERU (2014) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI HAK ASASI MANUSIA (HAM) SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SLAHUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text
BAB I_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img]
Preview
Text
COVER KATA PENGANTAR DAN PERANGKAT LAIN.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Purnomo, Heru. 2014. Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Dengan Menggunakan Metode Examples Non Examples Pada Mata Pelajaran PKn Materi Hak Asasi Manusia (HAM) Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruandan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing : 1 Drs. Sunarto AT.M, M. Si Pembimbing 2 Ardhana Januar, S.AP M.KP Kata Kunci: Pemahaman, Examples Non Examples Rendahnya prestasi belajar siswa dapat diketahui dari dua aspek yakni kualiats proses dalam kegiatan belajar mengajar dan kualitas hasil belajar siswa. Studi kasus yang dilakukan di SMA 1 Negeri Slahung Ponorogo menunjukkan bahwa sebagaian besar siswa belum tuntas dalam penguasaan materi yang diajarkan. Hasil observasi awal yang dilakukan di Kelas X SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo proses pembelajaran yang berlangsung masih menggunakan metode ceramah dan siswa masih terlihat pasif dalam mengikuti pelajaran serta prestasi belajar siswa masih kurang. Berdasarkan kenyataan tersebut, perlu diterapkan pendekatan pembelajaran yang dapat membuat situasi berbeda di dalam proses pembelajaran, pembelajaran yang dimaksud yaitu metode Examples Non Examples. Subjek penelitian adalah siswa Kelas X SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo dengan jumlah siswa 21 siswa. Pokok bahasan yang digunakan adalah Kasus upaya pemajuan, penghormatan dan penegakan HAM di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah agar siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo. pada observasi guru dari siklus pertama 65 menjadi 93 pada siklus kedua, aktivitas siswa pada siklus pertama dengan rata-rata pemahaman 71 mengalami peningkatan 90 pada siklus kedua, hasil belajar siswa pada siklus pertama 73 mengalami peningkatan menjadi 91 pada siklus kedua serta pada aktivitas kelompok mengalami peningkatan pada siklus pertama 76 menjadi 92 pada siklus kedua dengan peningkatan 16 angka. Melalui pengamatan penguasaan materi dalam proses pembelajaran, nilai siswa pada siklus pertama memperoleh rata-rata nilai 73 dan pada siklus kedua memperoleh rata-rata nilai 91. Melalui pengamatan penguasaan siswa dalam proses pembelajaran, nilai siswa pada siklus pertama memperoleh rata-rata nilai 71 dan pada siklus kedua memperoleh rata-rata nilai 90. Aktivitas kelompok siswa dalam proses pembelajaran, nilai pada siklus pertama memperoleh rata-rata nilai 76 dan pada siklus kedua memperoleh rata-rata nilai 92.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 05 Apr 2014 03:51
Last Modified: 05 Apr 2014 03:51
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/109

Actions (login required)

View Item View Item