RACHMAWATI, MAYA MARINTA, MAYA (2023) PENERAPAN TEORI LEARNING BY DOING DALAM PENDIDIKAN AKHLAK PADA MATERI RENDAH HATI DAN SOPAN SANTUN PADA KELAS 2 AR RAHIM MI MUHAMMADIYAH 1 PANEKAN TAHUN 2022. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf Download (234kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (364kB) |
|
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf Download (307kB) |
|
Text (BAB II)
3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
|
Text (BAB III)
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
|
Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
|
Text (BAB V)
6. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS MAYA MARINTA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh hasil belajar siswa MI Muhammadiyah 1 Panekan kelas 2 Ar-Rahim dalam pendidikan akhlak pada materi rendah hati dan sopan santun masih di bawah KKM dan bertujuan untuk mengetahui adanya penerapan teori Learning by Doing, mengetahui peningkatan pendidikan akhlak materi rendah hati dan sopan santun, mengetahui juga hasil belajar pendidikan akhlak materi rendah hati dan sopan santun ada kelas 2 Ar-Rahim MI Muhammadiyah 1 Panekan tahun 2022. Metode penelitian menggunakan model Action Research atau Penelitian Tindakan. Penelitian dilakukan dengan dua tahapan siklus 1 dan 2. Penilaian dilaksanakan di MI Muhammadiyah 1 Panekan dengan alur rancangan, pengamatan, evaluasi, refleksi. Diharapkan dengan model pembelajaran Learning by Doing ini siswa mampu berpikir kritis, kreatif, dan inovatif sehingga pemahaman akan materi dapat dipahami dengan baik, dengan begitu hasil belajar siswa diharapkan mampu meningkat dan siswa juga memiliki keaktifan belajar di kelas dengan menggunakan model tersebut. Hasil penelitian Siklus 1 yaitu sebesar 46,15 % tergolong sedang, meskipun demikian hasil belajar siswa pada Siklus 1 belum dapat mencapai tahap ketuntasan secara klasikal yang telah ditetapkan yaitu sebesar 80 %. Sedangkan pada Silkus 2, dengan rata-rata 74 % sehingga ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada Siklus 2 adalah 80 %. Kata kunci: Penerapan,Theory Learning by Doing, Pendidikan Akhla
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan,Theory Learning by Doing, Pendidikan Akhlak. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies |
Depositing User: | pasca . userpasca |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 02:16 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 02:16 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10916 |
Actions (login required)
View Item |