PENERAPAN TEORI LEARNING BY DOING DALAM PENDIDIKAN AKHLAK PADA MATERI RENDAH HATI DAN SOPAN SANTUN PADA KELAS 2 AR RAHIM MI MUHAMMADIYAH 1 PANEKAN TAHUN 2022

RACHMAWATI, MAYA MARINTA, MAYA (2023) PENERAPAN TEORI LEARNING BY DOING DALAM PENDIDIKAN AKHLAK PADA MATERI RENDAH HATI DAN SOPAN SANTUN PADA KELAS 2 AR RAHIM MI MUHAMMADIYAH 1 PANEKAN TAHUN 2022. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (234kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (364kB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS MAYA MARINTA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh hasil belajar siswa MI Muhammadiyah 1 Panekan kelas 2 Ar-Rahim dalam pendidikan akhlak pada materi rendah hati dan sopan santun masih di bawah KKM dan bertujuan untuk mengetahui adanya penerapan teori Learning by Doing, mengetahui peningkatan pendidikan akhlak materi rendah hati dan sopan santun, mengetahui juga hasil belajar pendidikan akhlak materi rendah hati dan sopan santun ada kelas 2 Ar-Rahim MI Muhammadiyah 1 Panekan tahun 2022. Metode penelitian menggunakan model Action Research atau Penelitian Tindakan. Penelitian dilakukan dengan dua tahapan siklus 1 dan 2. Penilaian dilaksanakan di MI Muhammadiyah 1 Panekan dengan alur rancangan, pengamatan, evaluasi, refleksi. Diharapkan dengan model pembelajaran Learning by Doing ini siswa mampu berpikir kritis, kreatif, dan inovatif sehingga pemahaman akan materi dapat dipahami dengan baik, dengan begitu hasil belajar siswa diharapkan mampu meningkat dan siswa juga memiliki keaktifan belajar di kelas dengan menggunakan model tersebut. Hasil penelitian Siklus 1 yaitu sebesar 46,15 % tergolong sedang, meskipun demikian hasil belajar siswa pada Siklus 1 belum dapat mencapai tahap ketuntasan secara klasikal yang telah ditetapkan yaitu sebesar 80 %. Sedangkan pada Silkus 2, dengan rata-rata 74 % sehingga ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada Siklus 2 adalah 80 %. Kata kunci: Penerapan,Theory Learning by Doing, Pendidikan Akhla

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Penerapan,Theory Learning by Doing, Pendidikan Akhlak.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: pasca . userpasca
Date Deposited: 27 Feb 2023 02:16
Last Modified: 27 Feb 2023 02:16
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10916

Actions (login required)

View Item View Item