PERBANDINGAN VARIABEL RASIO GEAR TERHADAP TORSI DAN DAYA PADA MESIN ASTRO 108CC

HERNANDA, ADITYA (2023) PERBANDINGAN VARIABEL RASIO GEAR TERHADAP TORSI DAN DAYA PADA MESIN ASTRO 108CC. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH (2).pdf

Download (200kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN watermark.pdf

Download (737kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I watermark.pdf

Download (116kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA watermark.pdf

Download (112kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN watermark.pdf

Download (3MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi full watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Setiap kendaraan umum mempunyai bagian-bagian satu sama lain yang saling berhubungan. Salah satunya adalah chassis. Chassis adalah kerangka internal yang menjadi dasar produksi sebuah objek, sebagai penyokong bagian-bagian seperti mesin atau alat elektronik objek tersebut Banyak jenis chassis pada kendaraan khususnya di Indonesia, salah satunya jenis tubular frame. Chassis tubular frame adalah kerangka yang didesain atau dirancang dari bahan berbentuk pipa. Tubular berasal dari kata tube yang berarti tabung. Chassis tubular membentuk satuan rancangan pipa-pipa bertujuan memberi bentuk dan kekakuan pada kendaraan untuk menerima beban. Tubular frame memiliki banyak keuntungan dibanding kerangka yang lain. Keuntungan tersebut bertujuan untuk efisiensi.Dilakukan analisa dan perancangan chassis tubular bertujuan untuk merancang, membuat, dan menganalisa kerangka yang kuat, ringan dan aman sesuai regulasi. Dengan metode penelitian analisis simulasi Stress analyst menggunakan Software Autocad Inventor-Student 2019 untuk mendapatkan hasil data simulasi yang sesuai regulasi KMHE. Pembuatan kerangka tubular frame untuk digabung menjadi prototype car yang bisa digunakan untuk lomba di ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE). Berdasarkan simulasi stress analyst didapat hasil displacement sebesar 1,9mm dan nilai von misses sebesar 101,2Mpa dan nilai safety factor keseluruhan 15 pada maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Sprocket, Torsi dan Daya, KMHE
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering
Depositing User: ft . userft
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:07
Last Modified: 02 Mar 2023 04:07
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10967

Actions (login required)

View Item View Item