Analisis Pengukuran Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, Modal Kerja dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia(BEI) Pada Tahun 2016-2021

Ramadhani, Nurjannah ORCID: https://orcid.org/0000-0003-3065-4534 (2023) Analisis Pengukuran Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, Modal Kerja dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia(BEI) Pada Tahun 2016-2021. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
surat persetujuan.pdf

Download (164kB)
[img] Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (548kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (385kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text (NURJANNAH YUNDA R).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, pertumbuhan penjualan, modal kerja, dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas perusahaan. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sekto otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2021. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan sub sector otomotif yang diperoleh melalui website www.idx.co.id. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, maka diperoleh sebanyak 8 perusahaan yang dapat dijadikan sampel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. Hal tersebut berarti tinggi rendahnya nilai likuditas tidak berpengaruh terhadap tinggi rendahnya profitabilitas perusahaan. Selanjutnya hasil pengujian pada hipotesis yang kedua dalam penelitian ini menunjukkan pertumbuhan penjualan secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. Hal tersebut berarti tinggi rendahnya nilai pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap tinggi rendahnya profitabilitas perusahaan. Selanjutnya hasil pengujian pada hipotesis yang ketiga dalam penelitian ini menunjukkan modal kerja secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. Hal tersebut berarti tinggi rendahnya nilai modal kerja tidak berpengaruh terhadap tinggi rendahnya profitabilitas perusahaan. Kemudia hasil pengujian pada hipotesis keempat dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan secara parsial memiliki pengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. Hal tersebut berarti tinggi rendahnya nilai ukuran perusahaan berpengaruh terhadap tinggi rendahnya profitabilitas perusahaan. Kata Kunci: Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 03 Mar 2023 09:11
Last Modified: 03 Mar 2023 09:11
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11024

Actions (login required)

View Item View Item