PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF MANGUNSUMAN 2 SIMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

AMRULOH, DAHIM (2015) PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF MANGUNSUMAN 2 SIMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER DEPAN.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Metode Talking Stick, Prestasi Belajar Fiqih. Pengelolaan kegiatan pembelajaran dikelas mempunyai peranan yang sangat penting bagi tercapainya tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi awal peneliti terhadap proses pembelajaran Fiqih, di peroleh data bahwa nilai hasil belajar peserta didik masih rendah. Maka peneliti mencoba membantu meningkatkan proses pembelajaran Fiqih tersebut yaitu dengan menggunakan metode Talking Stick. Metode Talking Stick adalah salah satu metode Cooperative Learning, yaitu pembelajaran yang dirancang untuk mengukur tingkat penguasaan materi pelajaran oleh peserta didik dengan menggunakan media tongkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Fiqih melalui metode Talking Stick pada kelas III MI Ma’arif Mangunsuman 2 Siman Ponorogo tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan studi tindakan pada peserta didik dengan 2 siklus. Metode pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Talking Stick pada pembelajaran Fiqih mempermudah peserta didik untuk mencapai tujuan belajar yang ditetapkan oleh guru. Hal ini ditunjukkan oleh prosentse ketuntasan belajar secara klasikal pada tahap pra-siklus sebesar 63%, pada siklus 1 sebesar 69%, dan pada siklus 2 ketuntasan belajar peserta didik mencapai 100%. Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu pada tahap pra-siklus sebesar 63, siklus 1 sebesar 69 dan pada tahap siklus 2 mencapai 90. Hal ini berarti, target yang ditetapkan peneliti yaitu standard ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal mencapai kurang lebih 85% dan secara individual nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik kurang lebih 65 sudah tercapai. Selain hasil belajar juga terdapat peningkatan yang signifikan yaitu aktivitas belajar peserta didik yang pada setiap tahapan mengalami peningkatan dengan penerapan metode Talking Stick. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari prosentase aktivitas peserta didik pra-siklus mencapai 40%, pada siklus 1 mencapai 67% dan pada siklus 2 mencapai 81%. Pencapaian tersebut menunjukkan bahwa target yang ditentukan oleh peneliti telah terpenuhi yaitu 80%. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan prestasi belajar peserta didik dan peningkatan aktivitas belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Fiqih dengan menggunakan metode Talking Stick.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 16 Apr 2015 02:36
Last Modified: 16 Apr 2015 02:36
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1104

Actions (login required)

View Item View Item