PERAN TPQ DALAM MEMBINA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK-ANAK MUCIKARI DI KAWASAN LOKALISASI KEDUNGBANTENG SUKOREJO PONOROGO

PURWANTO, PURWANTO (2015) PERAN TPQ DALAM MEMBINA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK-ANAK MUCIKARI DI KAWASAN LOKALISASI KEDUNGBANTENG SUKOREJO PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata kunci : Pendidikan Agama Islam, Anak-anak Mucikari Melihat fenomena riil di lapangan terhadap kondisi dan keadaan kehidupan anak yang ada, anak yang hidup di kompleks lokalisasi Kedung Banteng Sukorejo Ponorogo sebagai bahan penelitian penulis menyebabkan sebagian masyarakat, khususnya para tokoh agama di lingkungan sekitar merasa prihatin dan berusaha mencari solusi dalam syiar agama dengan melalui model dan pola pembinaan keagamaan sehingga dapat merumuskan secara praktik-teoritik mengenai tujuan, metode, materi pembinaan. Masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimanakah peran TPQ dalam membina pendidikan agama Islam bagi anak-anak mucikari di kawasan lokalisasi Kedung Banteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo? 2) Bagaimana implementasi pembinaan TPQ dalam membina pendidikan agama Islam bagi anak-anak mucikari di kawasan lokalisasi Kedung Banteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. 3) Apakah faktor penghambat dan pendukung TPQ dalam membina pendidikan agama Islam bagi anak-nak mucikari di kawasan lokalisasi Kedung Banteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) peran TPQ dalam membina pendidikan agama Islam bagi anak-anak mucikari 2) implementasi pembinaan TPQ dalam membina pendidikan agama Islam bagi anak-anak mucikari. Dan 3) faktor penghambat dan pendukung TPQ dalam membina pendidikan agama Islam bagi anak-nak mucikari. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dan bertumpu pada data-data yang diperoleh dari lapangan penelitian dengan memberikan gambaran secara rinci tentang hasil penelitian tentang peran pendidikan agama Islam bagi anakanak mucikari di kawasan lokalisasi Kedung Banteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: 1)pembinaan agama sebagai bentuk memformulasikan konsep pendidikan agama Islam dalam tatanan kehidupan manusia sebagaimana yang diterapkan oleh TPQ di lingkungan lokalisasi Kedung Banteng sebagai upaya mengaplikasikan ajaran-ajaran agama yang terkandung dalam al-Qur'an dan as-Sunah. 2) Implementasi pembinaan TPQ, materi pendidikan berupa materi pokok dan materi penunjang. 3) Faktor penghambat dan pendukung, kondisi TPQ di lingkungan lokalisasi berada di tengah-tengah tatanan masyarakat yang abnormal, kurang kondusif .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 16 Apr 2015 02:48
Last Modified: 16 Apr 2015 02:48
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1107

Actions (login required)

View Item View Item