SUSINI, SUSINI (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12-19 (KAJIAN TAFSIR AL MISBAH, TAFSIR IBNU KATSIR DAN TAFSIR FI ZHILALIL QUR’AN). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (46kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (384kB) | Preview |
Abstract
Krisis karakter dan watak anak saat ini adalah salah satunya terkait erat dengan semakin jauhnya pendidik dan peserta didik, orang tua dan anak dari pendidikan yang berlandaskan Al-Qur’an. Melihat carut-marutnya kondisi moral bangsa, pendidikan karakter menjadi alternatif utama untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dengan begitu pendidikan karakter menjadi sebuah tema yang urgen pelaksanannya bagi pembangunan bangsa sebab karakter menjadi tolok ukur keberhasilan suatu bangsa Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah penelitian ini adalah Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Tafsir Al-Misbah Q.S Luqman ayat 12-19, Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Tafsir Ibnu Katsir Q.S Luqman ayat 12-19, Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Tafsir Fi Zhilalil Qur’an Q.S Luqman ayat 12-19 dan Bagaimana perbandingan nilai-nilai pendidikan karakter dalam surat luqman ayat 12-19 antara tafsir al Misbah, tafsir Ibnu Katsir dan tafsir Fi Zhilalil Qur’an. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research), karena data yang diteliti berupa naskah-naskah, buku-buku atau majalah-majalah yang bersumber dari khazanah kepustakaan. Objek penelitian ini adalah Tafsir Al Misbah, Tafsir Ibnu Katsir Dan Tafsir Fi dzilalil Qur’an Q.S Luqman ayat 12-19. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan nilai nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam surat luqman ayat 12-19 menurut M.Quraish Shihab adalah (a). Religius, (b).Berbakti kepada kedua orang tua,(c). Amar ma’ruf nahi munkar, (d).Keteguhan mental atau Sabar , (e).Tidak sombong atau takkabur, (f). Berbicara dengan sopan santun dan sederhana. Nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam tafsir Ibnu Katsir Q.S Luqman ayat 12-19 adalah (a).Berbuat baik kepada orang tua, (b).Shalat tepat waktu, (c ).Amar ma’ruf nahi munkar, (d).Sederhana dalam berjalan dan berbicara. Nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam tafsir Fi Zhilalil Qur’an Q.S Luqman ayat 12-19 adalah (a).Bersyukur kepada Allah,(b).Menjauhi prasangka dan syubhat, (c)Berbakti kepada kedua orang tua, (d).Amar ma’ruf nahi munkar, (e).sederhana. Perbandingan antara tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Fi Zhilalil Qur’an dan Tafsir Al Misbah terdapat perbedaan diantara ketiganya. Masing masing memiliki kekurangan dan kelebihan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 16 Apr 2015 02:51 |
Last Modified: | 16 Apr 2015 02:51 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1108 |
Actions (login required)
View Item |