Wibrianingrum, Berti (2023) KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM NUMERASI DITINJAU BERDASARKAN GENDER. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (118kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (481kB) |
|
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
|
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
|
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (498kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
BERTI WIBRIANINGRUM: Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi Ditinjau Berdasarkan Gender. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan perbandingan kemampuan numerasi antara siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal AKM numerasi pada komponen konten; 2) Mendeskripsikan perbandingan kemampuan numerasi antara siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal AKM numerasi pada komponen konteks; serta 3) Mendeskripsikan perbandingan kemampuan numerasi antara siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal AKM numerasi pada komponen level kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian mencakup siswa kelas XI IPA 4 di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes dan dokumentasi. Teknik tes digunakan untuk mengukur kemampuan numerasi siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal AKM numerasi pada komponen konten, konteks, dan level kognitif, sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk mengetahui gender dari subjek penelitian yang diteliti. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kemampuan numerasi siswa perempuan dalam menyelesaikan keseluruhan aspek pada komponen konten yang meliputi aspek konten bilangan, geometri dan pengukuran, aljabar, serta data dan ketidakpastian sebesar 37%, sedangkan siswa laki-laki sebesar 31%; 2) Kemampuan numerasi siswa perempuan dalam menyelesaikan keseluruhan aspek pada komponen konteks yang meliputi aspek konteks personal, sosial budaya, dan saintifik sebesar 37%, sedangkan siswa laki-laki sebesar 31%; serta 3) Kemampuan numerasi siswa perempuan dalam menyelesaikan keseluruhan aspek pada komponen level kognitif yang meliputi aspek level kognitif knowing (pemahaman dan pengetahuan), applying (penerapan) dan reasoning (penalaran) sebesar 37%, sedangkan siswa laki-laki sebesar 31%. Dengan demikian, kemampuan numerasi siswa perempuan dalam menyelesaikan soal AKM numerasi pada komponen konten, konteks, maupun level kognitif lebih baik dibandingkan siswa laki-laki.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Numerasi, AKM Numerasi, Gender |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 04:45 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 04:45 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11098 |
Actions (login required)
View Item |