PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA MATERI SENANG BISA MEMBACA AL-QUR'AN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS II DI SDMT PONOROGO

Aksanti, Elif Purnama (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA MATERI SENANG BISA MEMBACA AL-QUR'AN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS II DI SDMT PONOROGO. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA.pdf

Download (243kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)
[img] Text (TESIS FULL 2023)
TESIS FULL 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Aksanti, Elif Purnama. 2023. Pengembangan E-Modul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Materi Senang Bisa Membaca Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas II di SDMT Ponorogo. Tesis, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing: (1) Dr. Bambang Harmanto, M.Pd. (2) Dr. Anip Dwi Saputro, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menghasilkan produk berupa e-modul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Materi Senang Bisa Membaca Al-Qur’an untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas II di SDMT Ponorogo. 2) Untuk mengetahui kelayakan produk berupa e-modul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Materi Senang Bisa Membaca Al-Qur’an untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas II di SDMT Ponorogo. 3) Untuk mengetahui efektivitas e-modul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Materi Senang Bisa Membaca Al-Qur’an untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas II di SDMT Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau research and development yang biasa disebut R&D. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SDMT Ponorogo dengan mengambil sampel 22 siswa di kelas II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa teknik, diantaranya dokumentasi, observasi, kuesioner, dan pemberian tes. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1) Menghasilkan produk media pembelajaran berupa E-Modul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Materi Senang Bisa Membaca Al-Qur’an. E-modul yang dikembangkan berisi tentang materi Surah Al-‘ashr dan disiplin Nabi Luth as. E-modul ini berbentuk flipbook dan dapat digunakan pada aplikasi android maupun PC. E-modul ini memuat materi dalam bentuk teks dan audio yang dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar secara mandiri dimanapun dan kapanpun. 2) Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa E-Modul yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk guru dan siswa dalam proses kegiatan pembelajaran berdasarkan perolehan nilai rata-rata keseluruhan skor aspek oleh ahli materi 4,24 dengan kategori sangat baik, dan rata-rata keseluruhan skor aspek oleh ahli media sebesar 4,90 dengan kategori sangat baik. Sedangkan rata-rata keseluruhan skor aspek oleh respon siswa terhadap e-modul sebesar 3,55 dengan kategori sangat baik. 3) Ujicoba kepada siswa menunjukkan hasil rata-rata posttest sebesar 88,64 dari semula pretest hanya memiliki rata-rata 60,23 dan n-gain score 71% yang masuk pada kategori kriteria keberhasilan tinggi. Penggunaan e-modul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Materi Senang Bisa Membaca Al-Qur’an dinyatakan sangat efektif dan layak untuk digunakan. Kata Kunci: Pengembangan e-modul, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: pasca . userpasca
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:16
Last Modified: 27 Mar 2023 06:16
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11458

Actions (login required)

View Item View Item