FAKTOR-FAKTOR KEKUATAN KEIMANAN MUALLAF (STUDI KASUS DI DUSUN TRENCENG DESA MRICAN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO)

Putri, Kusuma Wardani (2023) FAKTOR-FAKTOR KEKUATAN KEIMANAN MUALLAF (STUDI KASUS DI DUSUN TRENCENG DESA MRICAN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah karya Ilmiah)
1. Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (233kB)
[img] Text (Halaman Depan)
2. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (413kB)
[img] Text (Lampiran)
9. Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Full text)
10. Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kusuma Wardani Putri, 2023. Faktor-Faktor Penguatan Keimanan Muallaf (Studi Kasus di Dusun Trenceng Desa Mrican Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo). Skripsi Program Strata Satu (S-1), Prodi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: (I) Dr. H. Syarifan Nurjan, MA (II) Dr. Ayok Ariyanto, M.Pd.I Kata Kunci: Sikap Keberagamaan, Iman, Muallaf Seseorang bisa istiqomah dalam beragama dikarenakan beberapa faktor seperti sering mengikuti kajian keagamaan atau bimbingan konseling. Selain itu dukungan dari pihak keluarga serta perhatian dari lingkungan tempat mereka tinggal sangat berpengaruh besar terhadap tingkat keimanan mereka. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan bagaimana sikap keberagamaan muallaf di Dusun Trenceng Desa Mrican Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo dan untuk mendiskripsikan faktor-faktor kekuatan keimanan muallaf di Dusun Trenceng Desa Mrican Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti yaitu penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data kualitatif ini dilakukan secara interaktif. Hasil temuan penelitian menunjukkan, pertama sikap keberagamaan para muallaf cukup baik dan tidak ada yang memiliki perilaku negatif dalam kehidupannya. Rasa saling sayang menyayangi, hormat menghormati, toleransi, persatuan, dan persaudaraan masih tetap tertanam dalam diri mereka walaupun dengan keluarga, lingkungan dan teman-teman yang berbeda keyakinan. Kedua Faktor kekuatan keimanan muallaf yaitu muallaf memiliki keyakinan baik terhadap Allah Swt, karena tidak ada satupun muallaf yang memiliki pendapat negatif terhadap ketuhanan dalam Islam. Dari sisi pengamalan ibadah, muallaf menjalankan ajaran-ajaran agama sesuai dengan yang diperintahkan Allah, baik itu ibadah wajib dan sunnah.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Sikap Keberagamaan, Iman, Muallaf
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 12 May 2023 04:11
Last Modified: 12 May 2023 04:11
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11579

Actions (login required)

View Item View Item