PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE SNOWBALL DRILLING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PELEM I KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

DWI PURNOMO, MASHURI (2015) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE SNOWBALL DRILLING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PELEM I KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI), Metode ” Snowball Drilling”. Dari hasil wawancara dengan guru PAI SD Negeri Pelem I, diperoleh informasi tentang menurunnya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI. Hal ini mungkin disebabkan karena guru dalam mengajar kurang tepat dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai di kelas tersebut. Maka penelitian ini dimaksudkan mencoba membantu meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ini. Peneliti mencoba menerapkan sebuah metode pembelajaran untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan motivasi belajar siswa.Metode yang dipakai adalah Snowball Drilling. Tujuan pelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dengan menggunakan metode snowball drilling, mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan metode snowball drilling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru lain serta dengan kepala madrasah. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai dari awal sampai penelitian berakhir. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner/angket, metode interviu, metode observasi , sedangkan data yang dikumpulkan adalah hasil observasi aktivitas siswa, observasi pengelolaan pembelajaran , dan hasil kuesioner/angket. Ditambah data pendukung dari nilai tes uji kompetensi siswa. Berdasarkan hasil pengamatan motivasi belajar siswa, terdapat peningkatan, yakni pada siklus I sebanyak 71,43% siswa masuk kategori baik dan 7,14% siswa masuk kategori sangat baik, dan mean menunjukan 2,86, sedangkan siklus II sebanyak 35,71% siswa masuk kategori baik dan 64,29% siswa masuk kategori sangat baik dan 64,29% siswa masuk kategori sangat baik, dan mean menunjukkan 3,64. Hasil pengamatan terhadap kemampuan guru (peneliti) mengelola pembelajaran, Pada siklus I dapat terlaksana dengan baik (74,17% kegiatan terlaksana), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi sangat baik (80,00% kegiatan terlaksana). Minat siswa terhadap pelajaran meningkat sangat baik, yakni mean pada siklus I sebesar 3,36 dan pada siklus II sebesar 3,50. Siswa juga semakin mandiri dalam belajarnya. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan cara belajar siswa, yakni mean pada siklus I sebesar 3,00 dan pada siklus II sebesar 3,42. Data pendukung lainnya adalah peningkatan hasil belajar siswa yakni, 85,71% siswa pada siklus I dan 100% pada siklus II tuntas belajarnya (KKM: 65). Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode Snowball Drilling dapat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Ayu Wulansari
Date Deposited: 18 Apr 2015 03:21
Last Modified: 18 Apr 2015 03:21
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1158

Actions (login required)

View Item View Item