STUDI TENTANG KEUNGGULAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU BADRUSSALAM NGADIREJO KAWEDANAN MAGETAN

SURATNO, SURATNO (2015) STUDI TENTANG KEUNGGULAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU BADRUSSALAM NGADIREJO KAWEDANAN MAGETAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan sekolah dasar yang ada di Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan pada umumnya. Bahwasanya tidak sedikit sekolah dasar yang gulung tikar karena tidak mendapatkan murid, tetapi di Kawedanan terdapat beberapa sekolah dasar yang menolak murid karena tidak ada tempat untuk menampungnya. Dibalik itu, para orang tua sudah menyadari bahwa sangat penting menyekolahkan anaknya di sekolah mengutamakan pendidikan agama ditunjang dengan pengetahuan teknologi modern. Mereka berkeyakinan bahwa dengan pendidikan agama anaknya akan mempunyai karakter dan akhlak yang baik serta dengan ilmu pengetahuan dan teknologi modern, akan dapat mengikuti perkembangan zaman. Bagi pemerhati pendidikan berpendapat bahwa perlu adanya kreatifitas dengan memadukan antara Iptek dengan Imtaq, yang pada akhirnya mencetuskan perpaduan antara kemajuan teknologi dan pendidikan agama. Dan salah satu diantara sekolah yang mengembangkan pendapat tersebut adalah Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD-IT) Badrussalam yang berada di Ngadirejo, Kawedanan, Magetan Jawa Timur. Pada penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang keunggulan yang dimiliki oleh SD-IT Badrussalam yang terletak di Ngadirejo, Kawedanan, Magetan, dan juga untuk mengetahui strategi yang yang dilakukan untuk menciptakan keunggulan itu serta tentunya kendala yang dihadapi untuk mendapatkan keunggulan yang dimiliki. Sedangkan obyek yang diteliti adalah seluruh komponen yang ada di SDIT Badrussalam, Ngadirejo, Kawedanan, Magetan. Yaitu dengan teknik pengumpulan data, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul terkait dengan keunggulan yang dimiliki oleh SD-IT Badrussalam, Ngadirejo, Kawedanan, Magetan. Kemudian dianalisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) SD-IT Badrussalam, Ngadirejo, Kawedanan memiliki keunggulan secara garis besar dalam mencetak anak shaleh, mendidik mental spriritual dan melatih kecerdasan akal. (2) Pengelola SD-IT Badrussalam mempunyai strategi yaitu menjalin hubungan baik dengan instansi terkait dan masyarakat sekitar, meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pengajar, inovasi dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM), kegiatan ekstra kurikuler, serta memadukan kurikulum dari dinas pendidikan dan pondok pesantren serta kemajuan teknologi. (3) Hambatan yang ditemukan adalah kemampuan pengajar belum seluruhnya mampu memadukan program, pembeayaan yang dimiliki terbatas dan dukungan orang tua masih kurang. Dengan berpijak dari data di atas, maka peneliti menyarankan, bahwa keunggulan yang dimiliki harus dijaga, bahkan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan zaman, selalu mencari inovasi dan terobosan baru dalam segala bidang agar terjaga kualitas yang dimiliki serta mencarikan solusi dari setiap hambatan dan kendala yang ditemui agar SD-IT Badrussalam menjadi lebik baik dan bermanfaat di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Ayu Wulansari
Date Deposited: 18 Apr 2015 03:27
Last Modified: 18 Apr 2015 03:27
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item View Item