ANALISI PERBANDINGAN METODE SELF ORGANIZING MAP DAN METODE FUZZY C-MEANS PADA PENGELOMPOKKAN PEMINTAAN JURUSAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Az-Zahra, Rifqi Rahmatika (2022) ANALISI PERBANDINGAN METODE SELF ORGANIZING MAP DAN METODE FUZZY C-MEANS PADA PENGELOMPOKKAN PEMINTAAN JURUSAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Multitek Indonesia, 16 (2). pp. 65-74. ISSN ISSN: 1907-6223 (print) ISSN: 2579-3497 (Online)

[img] Text
1. Jurnal Analisis Perbandingan Metode Self.pdf

Download (551kB)
[img] Text
1. cp_Jurnal Analisis Perbandingan Metode Self.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://journal.umpo.ac.id/index.php/multitek/arti...

Abstract

Pendidikan merupakan bekal untuk mengembangkan potensi diri. Peran pendidikan merupakan syarat kemajuan suatu bangsa. Memilih jurusan harus disesuaikan dengan skill/ keahlian yang dimiliki, bakat, minat dan didukung oleh informasi agar siswa tidak salah dalam memilih jurusan. Pemilihan jurusan di SMK selama ini masih menggunakan sistem manual. Informasi dan data dari calon siswa yang diolah dengan sistem manual, memungkinkan jurusan yang diambil calon siswa tidak sesuai dengan yang diinginkan. Kemajuan Teknologi saat ini mempermudah sistem komputer dalam mengelompokan data, salah satu metode pengelompokan data adalah clustering. Metode clustering atau analisis cluster banyak dikemabangkan para ahli. Clustering mempartisi banyak data set ke dalam banyak group berdasarkan kesamaannya. Metode clustering seperti K-Means, DBSCAN, Self Organiziing Map, dan Fuzzy C-Means. Pada penelitian ini dibandingkan 2 metode yaitu Self Organizing Map dan Fuzzy C-Means. Pada penelitian ini telah dilakukan pengelompokan menggunakan metode Self Organizing Maps dan Fuzzy C-Means untuk membantu calon siswa mengambil keputusan bedasarkan perhitungan skill, bakat dan minat. Pengelompokan tersebut diharapkan dapat membantu menentukan jurusan yang diinginkan. Hasil dari perhitungan tersebut berupa cluster atau hasil pengelompokan sebagai rekomendasi pada calon siswa. Pengujian akurasi pada kedua metode didapatkan hasil bahwa metode SOM memiliki nilai akurasi lebih baik dengan nilai akurasi 100% dengan metode FCM yang memiliki nilai akurasi sebesar 80% dan 20% merupakan data akurasi yang tidak sesuai. Berdasarkan hasil pengujian dapat dijelaskan bahwa pengujian telah berhasil dengan baik dalam mengelompokkan jurusan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Clustering, Self Organizing Maps, Fuzzy CMeans Methods, Sekolah Menengah Kejuruan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 22 May 2023 05:01
Last Modified: 22 May 2023 05:01
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11601

Actions (login required)

View Item View Item