MODEL PENDIDIKAN ISLAM ANAK JALANAN (STUDI KASUS DI UNIT PELAKSANA TEKNIS REHABILITASI SOSIAL GELANDANGAN DAN PENGEMIS MADIUN-PONOROGO

YUFITROH, ULIAWATI (2015) MODEL PENDIDIKAN ISLAM ANAK JALANAN (STUDI KASUS DI UNIT PELAKSANA TEKNIS REHABILITASI SOSIAL GELANDANGAN DAN PENGEMIS MADIUN-PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAND DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Model Pendidikan Islam, Anak Jalanan Pendidikan Islam memiliki peran dan fungsi yang sangat penting untuk pemenuhan iman seseorang khususnya bagi anak-anak. Pengaruh lingkungan dan dunia luar yang mengakibatkan rawannya serta minimnya suatu pendidikan Islam bagi rohaninya. Adanya pemenuhan iman melalui pendidikan Islam, anak akan mendapatkan suatu pegangan dan pedoman hidup serta pemenuhan iman melalui pendidikan Islam yang ia dapatkan sejak dini. Melalui model pendidikan Islam yang benar akan menjadikan mereka menjadi anak yang militan serta memiliki rasa toleransi yang tinggi, memiliki ilmu agama yang cukup untuk arah hidupnya. Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Gelandangan dan Pengemis MadiunPonorogo menerapkan adanya model pendidikan Islam yang membentuk karakter kepribadian baik, dengan akhlakul karimah serta insan mandiri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana Model Pendidikan Islam yang dilakukan oleh anak jalanan yang ada di Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Gelandangan dan Pengemis dalam hal pemenuhan iman melalui pendidikan Islam. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tringaluasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Model Pendidikan Islam yang ada di Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Gelandangan dan Pengemis sebagai pemenuhan iman melalui pendidikan islam terdapat 3 jenis bimbingan, ketiga jenis bimbingan tersebut meliputi bimbingan sosial yang didalamnya terdapat unsur penunjang keterampilan-keterampilan, bimbingan fisik (kesehatan), dan bimbingan mental yang terdiri bimbingan norma dan etika dan agama. Selain itu mencakup 3 hal dari model-model pendidikan islam tersebut meliputi model pendidikan Islam formal melalui (TPA atau Taman Pendidikan Al-Qur’an), model pembiasaan (shalat berjama’ah), model halaqah (Yasinan dan Tahlilan). Di dalam model-model pendidikan Islam tersebut memberikan kontribusi penuh terhadap aspek keimanan, ibadah, dan juga akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 18 Apr 2015 03:30
Last Modified: 18 Apr 2015 03:30
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1161

Actions (login required)

View Item View Item