ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG KECANTIKAN WANITA DALAM IKLAN KATALOG WARDAH INSPIRING BEAUTY VERSI EXCLUSIVE LIPSTICK DEWI SANDRA

MUNAWWAROH, MUTIA (2015) ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG KECANTIKAN WANITA DALAM IKLAN KATALOG WARDAH INSPIRING BEAUTY VERSI EXCLUSIVE LIPSTICK DEWI SANDRA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Iklan adalah salah satu komponen marketing mix yang umum dilakukan oleh perusahaan. Bahkan kegiatan iklan dianggap sangat penting jika ingin produknya sukses di pasar. Perusahaan berlomba-lomba membuat iklan yang kreatif untuk membangun posisi yang menguntungkan di pasar. Tren dunia kecantikan yang semakin berkembang mendorong Wardah untuk mengambil peluang pasar untuk mengiklankan produknya di media cetak dengan modal label halal dan brand ambassador wanita berjilbab dengan banyak torehan prestasi. Adanya iklan ini mendorong penulis untuk meneliti isi dari pesan kecantikan yang disampaikan Wardah dimedia cetak yaitu katalog. Katalog yang dipilih adalah katalog Wardah Inspiring Beauty halaman 66–67 edisi 2015, versi Exclusive Lipstick Dewi Sandra. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis semiotika yang saat ini sedang berkembang dengan model yang diciptakan Charles Sanders Pierce. Peneliti membuat satu unit analisa menggunakan tabel identifikasi, klarifikasi, dan interpretasi Pierce sesuai tipe tanda masing-masing, yaitu ikon, indeks dan simbol. Hasil dari penelitian yang dilakukan ada banyak tanda yang ditemukan, yang pertama tanda tipe ikon terdapat 3 tanda, pada tanda tipe indeks terdapat 5 tanda, kemudian pada tanda yang terakhir yaitu simbol terdapat 3 tanda yang ditemukan. Tanda-tanda inilah yang di interpretasikan dalam sudut pandang peneliti. Kesimpulannya adalah banyak pesan ambigu yang disampaikan oleh kreatif iklan yang menyebabkan iklan ini menjadi tidak fokus. Kreatif iklan terlalu memaksakan konsep sehingga menjadi tidak sinkron antara halal, wanita dan budaya barat. Kata Kunci : Iklan, Kecantikan, Charles S. Pierce

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Editor FISIP
Date Deposited: 18 Apr 2015 03:37
Last Modified: 18 Apr 2015 03:37
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1162

Actions (login required)

View Item View Item