PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PROGRAM LINEAR

Wahyudi, Wahyudi, Sumaji, Sumaji, Rufiana, Intan Sari, Trinuryono, Sabekti, Hidayati, Nurul, Herini, Muji and Sumarno, Sumarno (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PROGRAM LINEAR. Jurnal Silogisme Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 7 (1). ISSN ISSN 2548-7809 (Online) ISSN 2527-6182 (Print)

[img] Text
4. Artikel Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Program Linear.pdf

Download (229kB)
[img] Text
4. Hasil Plagiasi Artikel No4 PENELITIAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://journal.umpo.ac.id/index.php/silogisme/art...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep mahasiswa pada materi program linear dengan mengimplemtasikan model pembelajaran discovery learning berbantuan geogebra. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester 5 yang mengambil matakuliah Riset Operasi tahun akademik 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penilitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo dan Universitas Muhammadiyah Kupang sebanyak 17 orang. Data penelitian ini berupa soal tes dan lembar observasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan pemahaman konsep mahasiswa meningkat setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning. Beberapa yang perlu diperhatikan dalam penerapan model pembelajaran discovery learning ini adalah perangkat pembelajaran (student worksheet) yang disesuaikan dengan karakteristik siswa, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), media pembelajaran yang mendukung, dan alokasi waktu yang disedikan dalam setiap pembelajaran. Selain itu, peran guru dalam pembelajaran ini hanya sebagai fasilitator dan memberikan bantuan/bimbingan pada siswa yang memerlukan. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran akan lebih optimal dan siswa memiliki pengalaman belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Understanding concepts, discovery learning, geogebra, student worksheet, linear programming
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:52
Last Modified: 23 Jun 2023 03:52
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11640

Actions (login required)

View Item View Item