ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL SISWA PADA MATERI PENGOLAHAN DATA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VAK

Marifah, Wiwin Nafidatul, Rufiana, Intan Sari and Wahyudi, Wahyudi ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL SISWA PADA MATERI PENGOLAHAN DATA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VAK. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2). pp. 175-186. ISSN e-ISSN: 2684-7981

[img] Text
11. Artikel Analisis Kemampuan Representasi Visual Siswa Pada Materi Pengolahan Data Ditinjau Dari Gaya Belajar Vak.pdf

Download (729kB)
[img] Text
11. Hasil Plagiasi Artikel No11 PENELITIAN.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi visual siswa dengan gaya belajar VAK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskritif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di rumah siswa tepatnya dijalan Godang No.42,kelurahan Patihan Kidul, kecamatan Siman, kabupatenPonorogo dan sebagian di PPTQ Al Hasan tepatnya di jalan Parang Menang No.22, kelurahan Patihan Wetan, kecamatan Babadan, kabupaten Ponorogo. Cara pemilihan subjek yaitu pertama diberikan angket kepada 21 siswa kelas V dan kelas VI kemudian digolongkan sesuai dengan masing-masing gaya belajarnya. Setelah itu dipilih 5 siswa dari masing-masing gaya belajar kemudian siswa tersebut diberikan soal tes, kemampuan representasi visual. Setelah diberikan soal, kemudian diambil 2 orang siswa untuk dijadikan subjek penelitian dengan ketentuan memiliki komunikasi yang baik. Selanjutnya dilakukan wawancara untuk menggali informasi lebih dalam terkait hasil jawaban siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi visual dominan dimiliki oleh siswa dengan gaya belajar visual. Siswa mampu menyampaikan idenya dengan menggunakan gambar misalnya histogram, diagram garis dan tabel. Dalam pengerjaannya siswa teliti dan detail pada pemberian judul serta identitas-identitas gambar. Representasi visual siswa dengan gaya belajar auditorial cenderung kurang teliti dalam menggambar histogram, diagram garis dan tabel. Siswa dengan gaya belajar ini sering lalai dalam memberikan judul dan identitas-identitas pada gambar. Representasi visual siswa dengan gaya belajar kinestetik cenderung menggunakan kata-kata mengandung tindakan/aksi dalam menyelesaikan suatu masalah yang seharusnya menggunakan tabel atau diagram. Sebagai contoh siswa dengan gaya belajar ini sering menggunakan kata membuat, sangat dan menurut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Visual Representation, Learning Styles, VAK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 23 Jun 2023 08:03
Last Modified: 23 Jun 2023 08:03
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11644

Actions (login required)

View Item View Item