REFLEKSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMK MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR MUTLAK

Sumaji, Sumaji and Wahyudi, Wahyudi (2020) REFLEKSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMK MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR MUTLAK. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2). pp. 746-755. ISSN E-ISSN : 2579-9258 P-ISSN: 2614-3038

[img] Text
13. Artikel Refleksi Pembelajaran Matematika SMK Muhammadiyah 1 Ponorogo Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Mutlak.pdf

Download (478kB)
[img] Text
13. Hasil Plagiasi Artikel No13 PENELITIAN.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil refleksi pembelajaran matematika siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Ponorogo. Hal ini dilakukan untuk mengetahui lebih detail gambaran pembelajaran matematika yang telah dilakukan. Penelitian ini dilakukan karena dari hasil observasi dan diskusi dengan guru matematika bersama kepala sekolah, pembelajaran matematika di SMK khususnya, dipandang sebelah mata oleh siswa, karena progres ke depan hanyalah bekerja, sehingga eksistensi belajar tidak diperhatikan dan keaktifan siswa perlu diperhatikan. Dengan demikian, perlu adanya desain pembelajaran yang lebih menarik dan memberikan perlakuan lebih kepada siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek Penelitian ini adalah 25 siswa kelas X jurusan teknik sepeda motor. Materi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran discovery learning, sorogan, dan berbantuan media video berbasis power point mampu menimbulkan keaktifan, semangat belajar dalam diri siswa, dan mengasah kemampuan konsep siswa. Hal ini ditunjukkan dari siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran matematika dengan baik, menyelesaikan soal dengan tuntas, dan mampu mengasah kemampuan konsep matematikanya. Hal ini dapat terjadi karena siswa diikutsertakan (aktif) dalam pembelajaran. Keaktifan siswa meningkat menjadi 80% siswa karena dilibatkan dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: aktif, discovery learning, sorogan, media
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 23 Jun 2023 08:16
Last Modified: 23 Jun 2023 08:16
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11646

Actions (login required)

View Item View Item