SUPRIANTO, SUPRIANTO (2015) POLA BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP BELAJAR ANAK DESA KASIHAN KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
lampiran depan .pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I SUPRIYONO 2015.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
|
Text
BAB II SUPRIYONO 2015.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
Text
BAB IV SUPRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
|
Text
LAMPIRAN BELAKANG.pdf Download (47kB) | Preview |
Abstract
Peran orang tua sangat dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan belajar anak. Orang tua selalu memperhatikan pristasi anaknya di sekolah. Meskipun orang tua tidak membantu langsung dalam bidang studi, tetapi orang tua minimal memberikan bimbingan yang baik dalam bentuk motivasi, mengatur waktu belajar, menyediakan fasilitas belajar serta bantuan-bantuan lainnya dalam belajar anak. Berpijak dengan latar belakang di atas maka permasalahan yang timbul adalah: 1) Bagaimana pola bimbingan orang tua terhadap belajar anak desa Kasihan Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan? 2) Hal-hal apa saja yang sebaiknya dilakukan orang tua dalam membimbing belajar anak Desa Kasihan Kecamatan Tegalomo Kabupaten Pacitan? 3) Faktor apa saja yang mempengaruhi bimbingan orang tua terhadap belajar anak Desa Kasihan Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan? Dalam rangka mengetahui permasalahan yang jelas penulis menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi. Sedangkan dalam pengelolaan data penulis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari hasil peneliti ini, pola yang dilakukan orang tua terhadap aktifitas belajar anak adalah orang tua selalu bertanya tentang ajaran di sekolah, mengawasi kegiatan belajar anak di rumah dan membantu kesulitan anak dalam belajar, karena orang tua sebagai bahan pertimbangan anak atas kesulitan dalam memahami bahasa guru. Perlakuan orang tua dalam membimbing anaknya adalah memotivasi dan mengawasi kegiatan belajar anak, mengatur waktu belajar, dan menyediakan fasilitas belajar, agar anak lebih percaya diri atas beljarnya, disiplin atas waktu belajar dan fokus belajar tanpa memikirkan peralatan sekolahnya habis. Faktor yang mempengaruhi bimbingan orang tua terhadap belajar anak yaitu dengan cara sabar dan bijaksana agar anak lebih percaya diri, berani bertanya dan merasa tidak tertekan. Kata Kunci: Bimbingan Orang Tua, Belajar, Disiplin.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 24 Nov 2015 04:05 |
Last Modified: | 24 Nov 2015 04:05 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1170 |
Actions (login required)
View Item |